Jumat, 01 Mei 2020

Belajar Membuat Bakso Jamur

Bakso jamur siap disantap

Setelah cukup berhasil membuat bakso tahu atau bakso dengan bahan dasar tahu, saya berpikir untuk mencoba membuat bakso dengan bahan dasar jamur. Saya katakan cukup berhasil dalam membuat bakso tahu beberapa hari lalu, karena secara teori sudah benar tahapannya dan bahannya juga, tapi secara bentuk kurang pas alias tidak bulat seperti bakso umumnya he he he...

Rasanya pun sudah lumayan lah he he he sekali lagi itu menurut saya yah.

Sebenarnya saya pernah menikmati bakso yang dibuat dari jamur yakni kalau ga salah ketika saya ikut retreat di One Earth Meditation Retreat Centre, Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Bakso tersebut tidak lain tidak bukan dibuat oleh mba Diah sang pengelola Joy Cafe, sebuah cafe yang khusus menyediakan aneka makanan vegetarian. Dan salah satu menunya adalah bakso jamur. Rasanya enak meskipun dibuat dari jamur. Ga ada aroma khas dari jamurnya.

Well, setelah makan bakso jamur buatan mba Diah itu saya ga ada kepikiran untuk mencoba membuatnya. Namun, belakang ini ketika di rumah aja karena pandemi, saya ada ide untuk mencoba membuatnya.

Akhirnya saya coba browsing di Youtube dan banyak sekali tutorialnya dengan beberapa persamaan. Setelah melihat beberapa video tutorialnya, saya putuskan untuk mencobanya. Sepertinya saya bisa membuatnya, optimis he he he.

Ok, langsung saja kita membuatnya.

Bahan-bahan yang digunakan
  • Jamur tiram
  • Tepung terigu
  • Air untuk merebus

 Bumbu-bumbu
  • Bawang putih
  • Lada halus
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur

 Cara membuatnya:
  • Pertama-tama rebus jamur tiram setelah dicuci di bawah air mengalir. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan aroma khas jamurnya yah. Rebus sebentar saja. Lalu peras untuk mengurangi kadar airnya
  • Setelah itu haluskan jamur
  • Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan lada halus
  • Tambahkan garam dan penyedap rasa atau kaldu jamur
  • Aduk-aduk hingga tercampur rata
  • Kemudian masukkan kurang lebih 4 sendok makan tepung terigu
  • Uleni hingga tercampur rata
  • Sementara itu panaskan air di dalam panci
  • Bentuk adonan menjadi bulatan bakso dan masukkan ke dalam air yang sudah panas
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Biarkan hingga bakso mengambang atau muncul di permukaan. Itu tandanya sudah matang
  • Lalu biarkan beberapa menit hingga bakso betul-betul matang
  • Setelah itu angkat dan tiriskan
  • Bakso jamur pun siap dihidangkan dengan mie, sawi, daun seledri, saos sambal, kecap dan bawang goreng
Untuk resep kuah baksonya, sama seperti yang ada di dalam artikel belajar membuat bakso tahu. Oya, untuk menghaluskan jamur tiramnya, sebaiknya menggunakan blender ya supaya bisa benar-benar halus dan ketika dibentuk, bulatannya itu lebih sempurna.

Di sini saya menghaluskan jamurnya dengan menggunakan ulekan karena blendernya sedang rusak, jadi bentuk baksonya tidak bulat karena kurang halus dan masih nampak serat-serat jamurnya. Ra  po po lah untuk percobaan pertama ini he he he. Untuk rasanya, bakso jamur ini lebih baik dibandingkan dengan bakso tahu (menurut suami saya). 

Ok, sekian sharing saat di rumah aja kali ini. Semoga bermanfaat..

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter