Rabu, 15 April 2020

Sejak Wabah Corona Meluas (bagian 3)

Di depan Superindo

Tulisan ini masih terkait dengan keberadaan pandemik ini ya teman-teman. Mungkin bosan membahas pandemik yang belum tau kapan berakhirnya.

Tapi.... lewat tulisan ini saya ingin menyampaikan apa saja yang saya bisa lihat di sekitar lingkungan saya terkait pandemik ini. Mungkin hal sepele saja.

Sejak diumumkan oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 6 April 2020 perihal semua orang harus menggunakan masker ketika berada di luar rumah, orang-orang yang saya temui di sekitar rumah (terutama ketika saya berbelanja) sebagian besar memakai masker. Walaupun masih ada satu, dua orang yang tidak memakainya.

Kebanyakan memang menggunakan masker kain, seperti yang saya lakukan juga lantaran masker bedah sulit ditemukan. Dan memang saat itu diumumkan juga bahwa masyarakat cukup menggunakan masker kain, masker bedah atau masker medis untuk para tenaga kesehatan.

Fasilitas Mencuci Tangan


Seingat saya, setelah dikeluarkan pernyataan di atas esok harinya saya mendapatkan ember lumayan besar (kaleng cat besar) yang sudah dimodifikasi sebagai tempat untuk cuci tangan di depan rumah. Disediakan pula sabun yang diikat pada ember tersebut.

Ada di depan rumah

Ternyata itu diperuntukkan bagi masyarakat yang ada di sekitar. 

Ketika saya ke tukang sayur langganan, eh ternyata di dekatnya juga ada hal yang sama. Hanya saja ini benar-benar ember yang dimodifikasi dengan ukuran yang jauh lebih besar dari yang ada di depan rumah saya.

Dekat tukang sayur langganan

Selain itu saya temukan juga di titik yang lain. Sepertinya fasilitas cuci tangan ini ditempatkan pada titik yang banyak penduduknya.
Di sudut jalan
Ketika saya berbelanja di Superindo yang dekat rumah juga ada fasilitas untuk mencuci tangan. Ini ditujukan pada konsumen yang ingin berbelanja. Fasilitasnya ditaro di depan pintu  masuk, jadi sebelum masuk, konsumen diharapkan untuk mencuci tangan lebih dahulu. Nah, kalao yang di Superindo ini sudah ada lebih dahulu sebelum ada pengumuman. Kira-kira akhir Maret lalu.

Di depan Superindo
Dan, hari ini saya ke tukang buah dekat apotek Century terdekat, ternyata di depan pintunya juga tersedia hal yang sama. 

Di depan apotek 
Sip, semoga fasilitas mencuci tangan ini bisa membantu mencegah penyebaran virus ini yah. Namun, tentu saja kita tetap harus sering mencuci tangan juga walaupun saat #dirumahaja. Dan melakukan hal-hal lainnya yang tak kalah penting juga.

Selain itu, bawa handsanitizer ketika keluar rumah.

Meditasi Online 


Guna menjaga tubuh dan pikiran serta perasaan kita tetap sehat, meditasi merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin ya teman-teman.

Dan, saat ini tentu saja kita tidak bisa bergabung untuk latihan meditasi langsung di Anand Ashram Sunter, Jakarta karena sedang ditutup terkait dengan adanya wabah ini.

Sebagai gantinya, teman-teman bisa bergabung mengikuti meditasi online yang dipandu langsung oleh Guruji Anand Krishna via streaming di Youtube di channel AnandAshramIndonesia

Meditasi online diadakan tiap hari Selasa (dalam bahasa Indonesia) dan Kamis (dalam bahasa Inggris). Untuk jadwal lebih lanjut, teman-teman bisa temukan informasinya di akun instagram Bapak Anand Krishna. Atau di akun instagram Yayasan Anand Ashram. Silakan follow yah. 


Meditasi Online bersama Guruji Anand Krishna
Semoga pandemik ini segera berakhir sehingga kita bisa beraktifitas seperti biasa. Amin...

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter