Senin, 04 Mei 2020

Di Rumah Aja (Minggu, 3 Mei 2020)


Masih dalam kondisi di rumah aja, kali ini saya mau sharing sebagian hal yang saya kerjakan di hari Minggu ini. Semoga bermanfaat.

Setelah selesai mencuci pakaian, saya pun memindahkan batang sereh yang beberapa hari sebelumnya saya rendam di dalam air di botol mineral. Karena sudah muncul akar dan daunnya, maka saya pindahkan ke dalam wadah (Pouch bekas minyak goreng) yang berisi kompos dan abu agni hotra. Ya, abu bekas acara agni hotra bisa menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tanaman karena di dalamya ada cowdung (dari kotoran sapi).

Tanaman Sereh

Inspirasi Bercocok Tanam


Bercocok tanam bisa menjadi sarana untuk berekreasi juga ya teman-teman. Itu kalau kita suka melakukannya. Dengan bercocok tanam, kita bisa mendapatkan manfaat yang banyak antara lain ya itu tadi sebagai sarana rekreasi (hiburan) setelah melakukan kegiatan lainnya dan juga bisa membuat kita lebih sehat karena kita happy melakukannya.

Selain itu juga bisa menghemat pengeluaran, lantaran hasil dari tanaman tersebut bisa kita manfaatkan atau kita gunakan. Bilamana kita menanam sayur mayur sendiri, tentu saja ini amat bermanfaat untuk keperluan sehari-hari. Sayur tersebut bisa kita konsumsi sendiri atau kalau berlebih bisa kita bagikan ke tetangga atau bahkan kita jual sehingga kita bisa memperoleh penghasilan tambahan karenanya.

Salah satu inspirasi yang bisa dijadikan dalam hal bercocok tanam adalah para siswa/i Gurukula One Earth di Bali.

Sekolah Satu Bumi (One Earth School) diprakarsai oleh Swami Anand Krishna untuk memulai perubahan dalam sistem pendidikan. Sekolah Satu Bumi didirikan dalam rangka untuk dapat membangun karakter manusia baru yang tumbuh secara holistik; manusia baru yang mampu menumbuhkan kearifan masa lalu; manusia baru yang siap menghadapi tantangan globalisasi dengan bijaksana tanpa kehilangan identitas mereka sendiri.

Yuk, kita simak dalam video ini apa yang mereka lakukan guna menginspirasi kita untuk bercocok tanam.



Menjelang siang hari, saya membuat pouch serut serba guna. Ini salah satu kegiatan yang saya suka. Sudah sejak lama saya suka kegiatan jahit-menjahit. Tapi, saya belum bisa membuat baju ataupun celana ya teman-teman. Masih membuat yang kecil-kecil saja, macam pouch tersebut.

Pouch Serut Serba guna
Di sore harinya setelah menyiapkan bahan-bahan masakan, saya potong kayu mangga dulu untuk keperluan agni hotra. Saya lakukan di belakang rumah sambil menikmati angin semilir. Tiba-tiba terlintas sebuah lagu;
Pada hari minggu ku duduk di belakang rumah...
Ku duduk sambil potong kayu mangga untuk agni hotra...

Kunda dan Kayu Mangga untuk Agni Hotra

Agni Hotra dan Manfaatnya


Mungkin teman-teman bertanya-tanya apa itu agni hotra dan bagaimana cara melakukannya. Serta apa saja manfaatnya baik untuk yang melakukan ataupun untuk lingkungan sekitar.

Agni hotra merupakan suatu ritual yang sangat kuno yang berasal dari tradisi Veda,  tradisi Sanatana Hindu Dharma. Ritual ini sampai saat ini pun masih dipraktekkan di seluruh penjuru dunia.

Untuk jawaban yang lebih lengkap dan jelas, teman-teman bisa menyimaknya dalam video berikut ini:


Demikian sharing kali ini. Tetap semangat yah teman-teman...

Terima kasih untuk hari ini...


Flag Counter