Rabu, 29 April 2020

Belajar Membuat Bakso Tahu

Bakso dari Tahu
Hmmm... ternyata panganan ini sudah tren sejak tahun 2019. Saya ketinggalan.... wis, jadi pengen nyoba nih. Itu kejadian ketika saya lihat-lihat di channel youtube tentang masak memasak. Kalo ga salah waktu itu saya cari menu olahan tahu, dan ketemu deh yang ini.

Ada beberapa versi atau cara membuat bakso tahu. Ada yang pakai tepung tapioka, ada yang pakai telor dan lainnya. Tapi saya pakai saja resep yang di bawah ini ya.

Panganan ini mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan. Bisa kita jadikan salah satu menu harian yah. Memang berbeda tekstur dengan bakso umumnya, tapi untuk rasa ga kalah juga kok.

Yuk, langsung saja kita simak resep membuat bakso tahu ini.

Bahan-bahan yang digunakan:
  • Tahu putih
  • Tepung terigu
  • Bawang putih (haluskan)
  • Lada halus
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur 

Cara membuatnya:
  • Setelah tahu direbus, kita haluskan dan masukkan dalam wadah
  • Tambahkan 2 sampai 3 sendok makan tepung terigu
  • Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, lada, garam dan penyedap rasa atau kaldu jamur
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Panaskan air di dalam panci
  • Bentuk bulat-bulat adonan tadi lalu masukkan ke dalam panci
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Tunggu hingga bakso mengambang dan tunggu kembali hingga beberapa menit
  • Setelah itu matikan kompor
  • Angkat bakso tadi dengan cara ditiriskan
 Cara membuat kuah baksonya:
  • Haluskan bawang putih
  • Panaskan air di dalam panci
  • Setelah itu tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan ke dalam panci
  • Tambahkan juga lada halus, garam dan penyedap rasa atau kaldu jamur
  • Terakhir tambahkan potongan daun bawang
  • Cek rasanya, bila sudah ok, matikan kompor
  • Bakso bisa disajikan dengan menambahkan sawi, mie, saos, kecap, potongan seledri dan bawang goreng.
Di sini saya menggunakan tahu putih yang kotak-kotak kecil, bukan tahu putih besar. Karena saya sudah pernah mencoba menggunakan tahu putih yang besar dan saya tidak cocok dengan hasil akhirnya dalam hal rasa. Rasa atau aroma tahu tersebut terlalu kuat dan saya kurang suka.

Berbeda dengan tahu putih yang kotak-kotak kecil ini, lebih baik dan tidak terlalu beraroma. Namun, itu tergantung selera masing-masing yah. Kalau mau menggunakan tahu putih yang besar, setelah tahu dihaluskan, harus diperas dulu untuk menghilangkan kandungan airnya setelah itu diproses seperti proses di atas.

Wis, itu saja sharing kali ini yah. Ini juga hasil dari browsing di Youtube, he he he.... semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...
Flag Counter