Minggu, 27 Desember 2020

Belajar membuat pancake

Pancake siap disantap
Beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat pancake menggunakan pancake kemasan yang instan. Pancake mama suka yang saya beli di Indomart. Waktu itu memang tidak sengaja untuk membelinya karena pas saya membeli paket brownies instan eh saya lihat ada kemasan itu yang bertuliskan tanpa ditambah telor dan mentega cukup air saja. Kurang lebih seperti itu.

Dan saya jadi tertarik. Keliatannya gampang banget bikinnya Cuma tambahin air terus dimasak.

Maka saya cobalah itu pancake mamasuka dan hasilnya lumayan enak. Tapi buat saya terlalu manis. Yah, maklumlah kalao tepung kue yang instan memang seperti itu. Kita tidak bisa mengontrol seberapa manis dan lainnya karena kan instan.

Sip, saya sih ga pa-pa. Itung-itung pengalaman dan selanjutnya saya mencari resep membuat pancake. Saya cari di cookpad dan juga di youtube.

Lalu beberapa hari yang lalu saya pun membuat pancake sendiri dengan salah satu resep yang saya dapatkan di cookpad. Wis, lumayan lah

Berikut ini resepnya;

Bahan-bahan

  • Terigu 100gr
  • 2 sdm gula putih
  • Sedikit garam
  • Vanili halus sedikit saja
  • 30 gr mentega (saya ganti dengan 2 sdm minyak goreng)
  • 1 sdt  baking powder
  • 1 telor
  • 100 ml susu cair (saya pakai susu dancow putih yang saya larutkan dlm air)

Cara membuatnya

  • Ayak lebih dulu terigu dan baking powdernya dan garam lalu sisihkan
  • Kocok telor dengan gula putih
  • Lalu tambahkan susu  ke dalamnya, aduk aduk
  • Tambahkan minyak goreng atau mentega
  • Tambahkan vanili, aduk
  • Tambahkan juga susu cair, aduk hingga tercampur rata
  • Lalu pelan-pelan masukkan terigu ke dalamnya
  • Aduk hingga rata
  • Adonan memang agak cair, tidak apa-apa
  • Lalu mulai tuang satu sendok sayur ke dalam teflon dengan api sedang cenderung kecil
  • Bila sudah ada buih atau lubang-lubang di adonan tadi, balik adonan
  • Masak hingga matang
  • Lakukan hingga adonan habis 

Pancake tampak dari atas

Tidak makan waktu yang lama sih untuk membuat pancake. Dan tidak cape juga mengerjakannya. Hasilnya pun lumayan enak.

Oya, selain bahan di atas, bisa kita tambahkan juga dengan meses coklat atau tambahan lainnya supaya pancake jadi lebih enak.  Untuk resep di atas, kira-kira jadi 8 – 9 pancake.

Wis, sekian sharing kali ini ya. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan dan tetap semangat.

Terima kasih untuk hari ini.

Flag Counter