Kamis, 14 Mei 2020

Memori Bulan Ramadhan (Bagian 2)

Gambar dari Google

Bulan Ramadhan akan segera berlalu, hal ini merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri. Di saat terjadinya pandemi virus Corona yang tengah melanda dunia, bulan Ramadhan amatlah berbeda dengan bulan Ramadhan di tahun-tahun lalu.

Tak hanya di Indonesia, di banyak negara pun demikian. Biasanya, di bulan Ramadhan seperti ini, masjid ramai tatkala menjelang berbuka puasa (maghrib) dan saat shalat tarawih dilaksanakan. Pemandangan seperti itu umum di masjid manapun. Namun, kini tidaklah demikian.

Di salah satu masjid di kawasan Lebak Bulus dekat tempat tinggal ibu saya contohnya, biasanya di bulan Ramadhan seperti ini menyediakan takjil dan nasi bungkus untuk yang membutuhkan kurang lebih 250 an paket tiap harinya dan keadaan masjid ramai saat shalat tarawih. Kini, itu hanyalah kenangan.

Flashback ke bulan-bulan Ramadhan sebelum ini, masih terselip beberapa memori

Tape ketan hitam


Merupakan hasil fermentasi beras ketan hitam yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi yang kemudian didiamkan beberapa hari untuk mendapatkan hasil fermentasi berupa kandungan alkohol. Dimana alkohol tersebut yang menyebabkan beras ketan hitam menjadi berasa manis menyegarkan.

Menjelang idul fitri, almarhum bapak saya selalu membuat tape ketan hitam ini. Seakan itu menjadi suatu ritual baginya di setiap tahun. Dengan dibantu oleh ibu saya, beliau membuatnya dengan telaten.

Dan kami, anak-anaknya amat suka dengan tape ketan hitam buatan beliau. Kini sepeninggal beliau, tidak ada lagi tape ketan hitam di saat idul fitri.

Kembang api

Saya ingat saat saya masih kanak-kanak, entah tahun berapa itu. Di akhir bulan Ramadhan, almarhum bapak saya membeli kembang api untuk anak-anaknya. Tak banyak sih, namun itu membuat kenangan sendiri.

Saat itu masih belum banyak tetangga. Jadi, kami menyambut idul fitri di malam terakhir Ramadhan dengan menyalakan kembang api dan menyantolkannya di dahan pohon.

Wah... seru!

Demikian sharing kali ini.

Terima kasih untuk hari ini... 

Flag Counter