Rabu, 06 Mei 2020

Solusi Sulit Tidur Bagi Semua

Insomnia

Menurut Wikipedia, Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Di dalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Dengan tidur sesungguhnya kita mengistrihatkan tubuh kita setelah melakukan aktifitas selama seharian sehingga setelah bangun tidur, tubuh kita menjadi fresh dan kita menjadi semangat untuk menjalankan aktifitas setelah itu.

Sebenarnya aktifitas tidur ini adalah suatu hal yang alami. Jadi, tidak diperlukan upaya untuk itu, namun seiring dengan kian majunya jaman yang ikut meningkatkan level stress bagi banyak orang, hal ini membuat aktifitas tidur bukanlah suatu hal yang mudah.

Banyak sekali orang yang mengalami sulit tidur atau istilah kerennya itu insomnia. Saya juga pernah mengalami beberapa kali sulit tidur hal itu ya disebabkan karena banyak pikiran alias stress he he he.

Bagi Yang Sulit Tidur atau Sulit Bangun Tidur, Ada Baiknya Melakukan Hal-hal Berikut


Ma Archana adalah seorang Yoga Acharya (Guru Yoga dalam Tradisi Peradaban Sindhu, Indus, Hindie, Hindu, Indo) yang dari kecil telah memiliki passion untuk memahami tentang kehidupan dan sangat penasaran tentang jiwa manusia.

Beliau memberikan beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan guna mengatasi hal sulit tidur atau bahkan sulit bangun tidur. Salah satu tips yang beliau bagikan adalah lepaskan hp satu jam sebelum tidur hal ini dikarenakan blue light atau cahaya biru yang dikeluarkan oleh hp membuat kita justru sulit tidur.

Ternyata bila kita sulit menurunkan berat badan, menurut beliau itu dikarenakan kualitas tidurnya buruk. Tips selanjutnya adalah minum teh herbal. Hindari minuman yang mengandung tanin, kafein, dan juga cokelat.

Menarik, bukan?

Untuk tips lainnya, silakan teman-teman simak dalam video berikut ini yah:


Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.
Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter