Kamis, 30 April 2020

Belajar Menanam Sereh di Dalam Pot


Sekarang ini nih kan lagi di rumah aja karena pandemi virus Corona yang telah melanda banyak negara di seluruh dunia. Dan, tentu saja kita mesti beraktifitas untuk mengisi hari-hari kita meskipun di rumah aja.

Kita di rumah aja bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat untuk kita sendiri dan juga untuk orang lain. Memang, kita diharuskan untuk di rumah aja untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang terbilang baru ini. Sehingga dengan di rumah aja, kita turut mendukung upaya-upaya  pemerintah untuk menghadapi pandemi ini.

Jadi, kita harus patuh ya untuk tetap di rumah aja dan keluar rumah bila hanya ada keperluan saja dan itupun harus mematuhi prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yakni menggunakan masker, tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sip.... dan salah satu aktifitas yang bisa kita lakukan di rumah aja adalah menanam atau bercocok tanam. Konon, sejak wabah ini meluas dan orang-orang diperintahkan untuk di rumah aja, penjualan bibit tanaman meningkat tajam.

Itu berarti, kesadaran akan pentingnya bercocok tanam kian meningkat yah. Tapi, mungkin yang bisa menjadi kendala di masyarakat kita kebanyakan terutama yang tinggal di kota-kota besar adalah tidak adanya lahan untuk bercocok tanam atau lahannya sempit.

Sebenarnya itu tidak menjadi soal lantaran banyak juga orang-orang yang serius untuk menekuni cocok tanam ini meskipun dengan lahan yang terbatas. Setidaknya dengan lahan yang terbatas pun kita bisa bercocok tanam yang hasilnya bisa digunakan sendiri, syukur-syukur bila bisa berbagi dengan tetangga sekitar.

Wah, keren deh ternyata bercocok tanam itu.

Oya, yang biasa ditanam dengan memanfaatkan lahan yang sempit atau terbatas antara lain tanaman sayur-sayuran seperti; bayam, sawi, kangkung, tomat, cabe dan banyak lainnya tapi itu yang umum ditanam.

Karena lahannya sempit, maka kita bisa menggunakan pot sebagai media untuk menanam.

Pengalaman Menanam Sawi dan Cabe

Sudah lama sekali saya pernah menanam sawi dan juga cabe. Perihal pengalaman tersebut, saya posting juga di dalam blog ini. Untuk linknya, bisa cek di bawah ini;


Cabe merah keriting di dalam pot


Tanaman sawi 

Menanam sereh di dalam pot

Sekarang saya ingin sharing mengenai cara menanam sereh di dalam pot. Cara ini sebenarnya banyak terdapat di dunia maya yah, mulai dari facebook hingga di Youtube. Jadi, teman-teman juga bisa mengaplikasikan cara menanam sereh ini. Mudah sekali caranya.

Pertama-tama rendam sereh di dalam wadah yang berisi air. Saya pakai botol air mineral bekas.
Batang sereh direndam dalam air

Setelah akarnya mulai tumbuh dan daunnya mulai muncul, maka bisa kita pindahkan ke dalam pot yang sudah berisi media tanam seperti kompos.

Sereh dipindahkan ke dalam pot setelah akarnya muncul

Selanjutnya kita hanya perlu merawatnya dengan menyiramnya secara teratur dan memberi pupuk yah.

Tanaman sereh yang mulai tumbuh

Bila tidak ada pot, maka kita juga bisa memanfaatkan pouch atau kantong plastik bekas minyak goreng seperti yang saya gunakan ini.

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih untuk hari ini....

Flag Counter