Minggu, 03 Mei 2020

Membuat Pouch Serut Serba Guna


Hari Minggu ini seperti hari-hari Minggu sebelumnya di pertengahan bulan Maret lalu, saya tidak berkunjung ke rumah ibu saya karena menjalani karantina mandiri terkait adanya wabah virus Corona ini ya teman-teman.

Jadinya saya di rumah aja alias ndak kemana-mana.

Karena iseng ndak kemana-mana, maka saya putuskan untuk membuat pouch serut aja. Masih ada kain sisa daster yang saya potong tempo hari, meskipun udah saya pakai untuk membuat masker kain beberapa waktu lalu.

Yuk, langsung saja.

Bahan dan alat yang digunakan:
  • Kain
  • Tali kur
  • Benang
  • Jarum
  • Gunting

Cara membuatnya:
  • Pertama-tama kita setrika dulu bahan atau kain yang ingin digunakan yah supaya rapi
Kain yang ingin digunakan

  • Lalu potong kain sesuai ukuran. Ini sesuai dengan ukuran pouch yang ingin dibuat saja yah teman-teman.
  • Setelah itu jahit sisi kanan dan kirinya
Jahit sisi kanan dan kirinya

  • Jahit juga bagian atas yang ingin dijadikan tempat memasukkan tali kur (dijahit dengan membuat lubang ya)
Bagian atasnya dijahit dengan menyisakan lubang untuk memasukkan tali kur
  • Setelah itu balik posisi kainnya
  • Sekarang tinggal memasukkan tali dengan arah yang berlawanan supaya ketika ditarik kedua tali tersebut, maka pouch akan menutup.
Masukkan tali dengan posisi seperti ini

  • Masing-masing tali kur dijahit di bagian ujungnya setelah dimasukkan.
  • Pouch serut pun siap digunakan

 
Pouch Serut sudah bisa digunakan
Oya, saya sudah sering membuat pouch seperti ini karena mudah membuatnya meskipun tidak ada mesin jahit yah. Dan kita bisa gunakan pouch ini untuk menyimpan aneka barang seperti alat make up, koin atau uang receh (tentu saja ukurannya lebih kecil pouchnya) dan lainnya.

Ukuran pouch terbesar yang pernah saya buat adalah untuk keperluan menyimpan mainan ponakan saya. Itu sudah lama banget dan kain atau bahan yang digunakan adalah rok saya yang sudah tidak digunakan.

Berikut ini beberapa pouch yang pernah saya buat dan masih saya gunakan hingga kini.

Tempat saya menyimpang benang dan alat menjahit lainnya

Saya simpan tali kur di dalamnya


Saya simpan bedak dan lainnya di pouch ini

Meditasi Online

Kegiatan seperti membuat pouch ini bisa menjadi bagian dari meditasi yakni working meditation ya teman-teman. Namun, bagi teman-teman yang ingin berlatih meditasi yang dipandu langsung oleh Bapak Anand Krishna meskipun di tengah wabah seperti sekarang ini, bisa mengikuti meditasi online melalui streaming Youtube di Channel AnandAshram Indonesia.

Meditasi online diadakan tiap Selasa (dalam bahasa Indonesia) dan Kamis (dalam bahasa Inggris). 

Nah, untuk jadwal lebih jelasnya, teman-teman bisa follow akun instagram Anand Ashram atau akun instagram Bapak Anand Krishna

Demikian sharing saya kali ini. Tetap semangat ya teman-teman. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini....

Flag Counter