Sabtu, 09 Mei 2020

Ngeblog, yuk!

Tampilan blog saya di Wordpress.com

Menurut Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarahnya Blog


Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka (open source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dimanage oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Nah, sekarang udah tau kan apa itu blog dan manfaat atau fungsinya. Sekarang ini di masa pandemi sehingga kita tidak bisa bergerak bebas alias bepergian dan mesti di rumah aja, bisa kita manfaatkan untuk membuat blog atau ngeblog.

Yah itung-itung sebagai sarana untuk mengeluarkan pendapat kalau tidak mau disebut unek-unek he he he. Atau pun bisa untuk sharing (berbagi) pengalaman tentang banyak hal. Tentunya tiap orang punya cerita, punya pengalaman dan blog bisa dijadikan sarana untuk share pengalaman, cerita bahkan tips.

Cara membuat blog


Kita akan menggunakan Wordpress.com sebagai platformnya dan ini adalah layanan gratis alias tak berbayar yah sehingga kita tak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Yang diperlukan hanyalah sebuah akun email.

Yuk, langsung saja.

Pertama-tama akses www.wordpress.com


Klik buat situs web Anda



Masukkan alamat email yang valid, nama pengguna (user) dan kata sandi (password)
Setelah itu klik buat akun Anda.

Harap ingat kata sandi (password) dan user serta email yang digunakan ya soalnya ini akan digunakan tiap kali kita akan login ke dalam admin situs blog kita nantinya.


Ketik nama domain yang ingin digunakan di atas

Akan muncul beberapa nama domain yang berbayar, pilih yang paling atas (yang Gratis) klik pilih




Kita  akan diarahkan ke dalam halaman di atas. Untuk melihat situsnya, klik lihat situs yang ada di pojok kanan atas



Inilah tampilan situsnya. Di bagian atas ada keterangan untuk melakukan verifikasi link yang dikirimkan ke email yang tadi digunakan. Silakan cek email dan klik link verifikasi tersebut.


Email yang saya terima dari Wordpress.com  Klik saja sesuai instruksinya.

Setelah klik link tersebut, kita akan diarahkan ke halaman di bawah ini.


Selanjutnya kita beri nama situsnya, pada deretan di bawah kalimat penyiapan situs, klik Beri Nama Situs Anda




Isi judul dan tagline situsnya

Bila sudah selesai, akan muncul keterangan selesai


Selanjutnya kita mesti meluncurkan situs kita (launching situsnya) supaya bisa diakses oleh orang banyak karena sebelum diluncurkan, maka situs hanya bisa diakses oleh si pemiliknya saja.


Klik luncurkan situs, nanti akan muncul halaman


Klik lewati pembelian.

Kita akan kembali diarahkan ke halaman sebelumnya.

Nah, sampe sini sebenarnya situs sudah siap untuk digunakan dan teman-teman tinggal isi atau posting artikel di dalamnya.

Oya, dengan menggunakan wordpress.com sebagai platform, maka tampilan web blog kita keren, bukan? Tidak seperti blog yang menggunakan platfrom blogger.com, web blog dengan 
wordpress.com ini artikel-artikel yang kita posting bisa kita masukkan atau kelompokkan ke dalam katagori-katagori sehingga tampak lebih rapi.

Layanan Hosting dan Domain


Biar tambah lebih keren karena ga pakai yang gratisan, teman-teman bisa menggunakan paket hosting dan domain yang berbayar. Dan teman-teman bisa menggunakan layanan hosting dan domain dari Dvipantara Hosting.

Paket layanan hosting dan domain yang ditawarkan oleh Dvipantara Hosting tersedia dalam dua jenis panel hosting yakni hosting plesk dan hosting cpanel. Keduanya sama-sama handal dan bisa teman-teman gunakan dalam membangun situs blog yah.

Harga layanan hosting dan domainnya pun amat terjangkau, sehingga teman-teman tak perlu khawatir.

Mau Ngevlog Saja Ah...


Nah, buat teman-teman yang tidak tertarik untuk ngeblog atau membuat blog dan lebih tertarik untuk ngevlog bahkan sudah mempunyai channel di Youtube, bisa mendapatkan aneka panduan atau tutorial tentang editing video di Simple Channel.

Simple Channel selain sharing mengenai tutorial editing video, juga sharing mengenai seo Youtube yang dimaksudkan supaya video-video yang teman-teman upload bisa mendapatkan kunjungan yang signifikan.

Selain itu juga ada trik dan tips mengenai monetisasi Youtube. Menarik, bukan?

Silakan teman-teman subscribe di Simple Channel dan aktifkan juga tanda loncengnya supaya bisa mendapatkan notifikasi bila ada video terbaru yang diupload.

Sekian sharing kali ini. Rencananya akan saya  lanjutkan mengenai hal-hal yang terkait dengan mengelola situs blog di Wordpress.Com di atas yah, seperti bagaimana memposting artikel, membuat katagori dan lainnya.

Semoga bermanfaat. Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter