Sabtu, 09 Mei 2020

Membuat Cilok Sederhana

Cilok siap disantap

Setelah sebelumnya gagal membuat cilok, saya masih penasaran. Kok saya ga bisa yah bikin cilok. Terus saya browsing lagi di mbah Google dengan kata kunci resep cilok. Muncul banyak banget hasil pencarian di Google tentang resep cilok.

Lalu saya klik urutan kedua yakni 9.562 resep cilok enak dan sederhana dari Cookpad. Dari situlah saya kemudian mencoba salah satu resepnya yang saya pikir saya bisa membuatnya.

Wis, ini dia resepnya

Bahan-bahan
  • Tepung terigu 8 sendok makan
  • Tepung tapioka 5 sendok makan
  • Air secukupnya
  • Telur 1 butir

 Bumbu-bumbu
  • Bawang putih
  • Lada halus
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur

 Cara membuatnya:
  • Campurkan tepung terigu dengan tepung tapioka
  • Masukkan bumbu yang telah dihaluskan
  • Aduk rata
  • Masukkan telurnya lalu aduk kembali
  • Tambahkan garam dan penyedap rasa atau kaldu jamur
  • Aduk hingga rata
  • Selanjutnya tambahkan air secara perlahan
  • Uleni hingga kalis
  • Setelah itu bulat-bulatkan adonan tadi
  • Terakhir rebus bulatan-bulatan cilok hingga matang, kurang lebih 40 menit
Bulatan-bulatan cilok belum direbus

Karena baru coba-coba, maka saya pakai perbandingan terigu 8 sdm dan tapiokanya 5 sdm. Ternyata meskipun hasilnya lumayan tapi kurang kenyal alias masih agak keras. Wis, lain kali tapiokanya ga boleh terlalu jauh bedanya dengan terigunya ya.

Kalao terigunya lebih banyak, maka hasilnya cilok akan keras. Namun kalao tapiokanya yang terlalu banyak, maka akan terlalu lembek dan lengket kayak lem.

Dan supaya proses pematangannya atau supaya lebih cepat matang, maka sebaiknya bulatannya jangan terlalu besar alias kecil-kecil saja. Cilok ini nikmat dinikmati ketika masih hangat dengan sambal kacang.

Untuk sambal kacangnya, saya pakai bumbu pecel yang sudah jadi. Bumbu pecelnya saya masak dengan menambahkan sedikit air dan sedikit saos sambal. Hmmm.... kok mirip somay yah he he he...

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter