Selasa, 07 April 2020

Bikin Masker Kain Tanpa Mesin Jahit

Masker kain buatan sendiri

Udah tergelitik sejak beberapa waktu yang lalu sih untuk mencoba membuat masker kain sendiri, tapi baru direalisasikan hari ini. Sebenarnya ga terlalu lama membuatnya, tapi... ya itu rasa malas yang bikin ga jadi-jadi.

Wis, saat ini penggunaan masker memang tak bisa dielakkan lagi. Sudah ada peraturan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa kita diharuskan untuk menggunakan masker ketika keluar rumah.

Tidak perlu masker bedah atau masker medis atau dikenal juga dengan masker N95, penggunaan masker kain sudah cukup. Peraturan tersebut dikeluarkan menanggapi wabah virus Corona yang kian meluas dan sudah memakan korban banyak sekali di berbagai negara.

Oleh karenanya sebagai upaya pencegahan atau untuk meredam penyebaran virus ini lebih jauh dan lebih banyak lagi, maka penggunaan masker pun diharuskan.

Jauh sebelum peraturan tersebut diumumkan di Indonesia, keberadaan masker N95 dan sejenisnya sulit didapatkan, baik itu di apotek atau pun di supermaket.  Untung saya masih sempat mendapatkan meski tak seberapa.

Masker Kain Jadi Primadona

Setelah langkanya masker N95 dan sejenisnya tadi, maka masyarakat beralih ke masker kain. Dengan adanya wabah ini, kian banyak yang membuat masker kain dan menjualnya.

Kita bisa temukan masker kain ini di market place dengan harga yang bervariasi tentu saja tergantung dari bahan yang digunakan dan modelnya.

Walaupun kita bisa membelinya dengan harga yang terjangkau, kita juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang ada. Kini banyak juga tersedia tutorial membuat masker kain tanpa mesin jahit di Youtube.

Kita bisa memanfaatkan tutorial tersebut dan mencoba untuk membuat masker kain sendiri ya. Kali ini saya ingin mencoba sharing cara membuat masker kain sendiri tanpa mesin jahit. Ya, tanpa mesin jahit.

Bahan-bahannya:
  • Kain
  • Tali
  • Jarum
  • Benang
  • Gunting
Cara Membuatnya: 

  • Pertama-tama kita potong bahan sesuai ukuran masker yang kita inginkan.
  • Setelah itu kita lipat dua atau tiga kali supaya masker lebih tebal ya
  • Kemudian jahit di sisi kanan dan kirinya
  • Kita juga bisa gunakan variasi beberapa lipatan pada kain tersebut
  • Setelah itu kita pasang talinya
  • Masker pun siap digunakan
Tampak depan
Untuk tali, bisa kita gunakan tali karet yang biasa dipakai untuk masker. Tapi, karena saya tidak punya tali karet tersebut, maka saya gunakan tali kur saja.
Tampak samping kiri

Tampak samping kanan

Untuk pemasangan tali, beberapa kali saya rombak karena posisinya tidak pas alias salah. Dan, akhirnya maskernya jadi juga deh walaupun masih bisa diperbagus lagi ya.

Oya, kita bisa menyelipkan tisu ke dalam masker ini.

Sekian untuk hari ini, semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...


Flag Counter