Minggu, 25 Desember 2011

Mengenal diri (Apa dan bagaimana ya?)


Pertama kali mendengar dan membaca kalimat tersebut tak membuat pusing. Kami hanya mendengar ataupun membaca kalimat itu selewatan saja. tidak direnungkan dan tak mau ambil pusing. Lalu selanjutnya, berkali-kali kalimat tersebut datang dan datang lagi. Melalui ceramah ataupun sharing Bapak Anand Krishna tepatnya kalimat tersebut berasal.

Dalam buku-buku beliau juga kalimat itu pasti kerap kali kita temukan.

Ada sebuah ungkapan yang popular; kenalilah dirimu maka kau akan mengenal Tuhanmu. Ungkapan yang sudah pasti diketahui oleh para pencari atau seeker dalam arti pejalan spiritual.  

Beberapa saat yang lalu kalimat itu melintas dalam benak kami. Mengenal diri, mengenal jati diri. Siapa kita sebenarnya, apa yang harus kita lakukan dalam masa kehidupan ini. Terlintas dalam benak kami bahwa mengenal diri artinya mengenal kepribadian kita, apa yang cocok bagi kita, apa potensi diri kita karena bila dibandingkan dengan orang lain tentu saja akan berbeda karena tiap kita adalah unik adanya.

Potensi diri itulah yang belum kami ketahui. Apa potensi kami? Sudah terlambatkah untuk menggali apa potensi yang kami miliki? Semoga tidak.

Coba merenung sendiri;

Apa saja yang kami sukai, hal-hal apa yang menjadi concern kami, apa yang menjadi cirri khas kami.
Mungkin jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kami itu bisa menggiring kami kepada suatu kesimpulan mengenai potensi yang kami miliki. Sehingga kami terus menggali dan menggali.

Mengenal diri berarti mengetahui mana kala tubuh mengirimkan signal tertentu dan bertindak untuk mengatasinya. Mengenal diri berarti  memahami bahwa selain tubuh fisik manusia juga terdiri dari hal lainnya yakni mind dan soul – pikiran dan ruh atau jiwa. Masing–masing bagian tersebut tentunya harus diperhatikan sehingga menjadi selaras guna membentuk seorang manusia yang kamil, sempurna dalam arti yang sesungguhnya.

melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Anand Ashram, bapak Anand Krishna mengajak kita semua untuk memberdaya diri yang mana memang dimaksudkan agar kita mengenal diri dan memaksimalkan potensi yang ada pada kita masing-masing. Untuk mengetahui program ataupun kegiatan-kegiatan yang diadakan, bisa dilihat di website Yayasan tersebut. Silakan kunjungi dan dapatkan manfaat dengan mengikutinya.

Mungkin itu saja yang saat ini kami ketahui dan pengetahuan itupun masih perlu ditindaklanjuti dengan tindakan sehingga tidak hanya menjadi pengetahuan saja. Mesti diaktualisasikan. Memang butuh kemauan yang keras dan energy yang tidak sedikit, namun dengan bekal tekad dan keyakinan Dia akan selalu menyertai, maka itu bukan suatu yang mustahil. Yakinlah dan bertindaklah

Terima kasih untuk hari ini….
Flag Counter