Selasa, 06 Desember 2011

Lebih Jauh Tentang Temulawak


Siang ini mencoba untuk searching kembali manfaat rimpang temulawak. Beberapa waktu yang lalu memang sudah pernah check tentang hal yang sama namun kali ini ingin melakukan hal yang sama. Temulawak sudah sangat popular memiliki khasiat yang antara lain; untuk menambah nafsu makan, sebagai obat tradisional untuk memelihara hati ataupun obat penyakit kuning.

Ia juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Salah seorang teman kami yang berprofesi sebagai seorang guru di sekolah menengah kejuruan farmasi pernah bercerita tentang pengalamannya mengenai khasiat temulawak ini. Anak didiknya yang masih remaja yang kerap bermasalah dengan jerawat diberikannya campuran serbuk temulawak dengan kunyit untuk dikonsumsi dan hasilnya jerawatpun hilang.

Dengan mengetik kata temulawak via Google, muncullah sederet pilihan yang berkaitan dengannya

Hasil search 

Kemudian kami meluncur ke halaman yang disajikan oleh Wikipedia

Ternyata tanaman ini berasal dari Negara kita lho terutama dari pulau Jawa. wah… mesti kita lestarikan nih keberadaannya supaya ga diakui Negara lain apalagi dipatenkan.

Temulawak ini adalah tanaman obat-obatan yang masuk dalam golongan suku temu-temuan. Yang termasuk ke dalam golongan suku ini antara lain; Temu kunci, Temu item, Lempuyang. Yang dimanfaatkan adalah bagian rimpangnya.

Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker, dan anti mikroba.

Rimpang Temulawak

Temulawak memiliki aroma yang khas. Kami suka sekali dengan aromanya itu. Untuk mencium aromanya, iris saja rimpang temulawak itu kemudian dekatkan ke hidung tapi jangan sampai menempel ke hidung ya soalnya pasti nanti hidungnya berwarna oranye.

Menurut teman kami yang seorang dokter bahwa bila ingin mendapatkan khasiat yang optimal dari temulawak dengan cara mengkonsumsinya langsung dikunyah. Memang rasanya tidak enak, tapi bisa disiasati dengan cara dimakan berbarengan dengan hidangan yang lain dan tentu saja tidak terlalu banyak. Seujung kuku saja setiap hari. Pasti akan terlihat hasilnya.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, temulawak pun kini tersedia dalam bentuk serbuk dan ekstrak yang dikemas dalam kapsul-kapsul sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya. Kita bisa dapatkan dengan mudah di apotik-apotik terdekat. Seperti beberapa hari lalu kami membeli ekstrak temulawak di apotik atas petunjuk seorang teman.

Kami masih mengkonsumsi kapsul-kapsul tersebut sambil sesekali kami selingi dengan mengkonsumsi rimpang yang segar. Semoga membawa manfaat bagi kami.


Terima kasih untuk hari ini….
Flag Counter