Senin, 06 April 2020

Yuk, Bikin Jamu Mpon-Mpon

Jamu mpon-mpon siap disruput

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini dunia sedang dilanda wabah virus Corona. Awalnya kasusnya terjadi di daerah Wuhan, China dan selanjutnya meluas ke negera-negara lainnya.

Di Indonesia sendiri, kasus pertama dilaporkan oleh presiden Joko Widodo awal Maret lalu yang menimpa dua orang warga Depok. Dan kini, penyebaran virus ini belum bisa dikendalikan. Penularan virus ini adalah dari manusia ke manusia lewat cipratan atau droplets saat seseorang batuk, bersin, atau bicara.

Oleh sebab itu Badan Kesehatan Dunia (Who) mengharuskan penggunaan masker saat keluar rumah yang awalnya penggunaan masker hanya untuk yang sakit saja kini semua orang harus menggunakan masker saat keluar rumah.

Lalu melalui siaran salah satu televisi swasta, seorang Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga Surabaya, Prof Chairul Anwar Nidom menyarankan untuk mengonsumsi mpon-mpon selain tetap menjaga kesehatan dan kebersihan guna mencegah penularan virus tersebut.

Tak ayal lagi harga bahan-bahan mpon-mpon pun melambung tinggi. Untung hal itu tak berlangsung lama. Selain harganya yang melonjak tinggi, pun sempat sulit didapatkan. Dan, kini banyak tersedia mpon-mpon yang sudah siap saji di market place dengan harga dan ukuran bervariasi.


Mpon-mpon adalah rempah-rempah yang sudah lama digunakan oleh leluhur kita di nusantara ini baik untuk bumbu masakan ataupun untuk obat secara tradisional. Rempah-rempah tersebut adalah jahe, kunyit, temulawak, sereh, dan kayu manis.

Kita bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan sederhana.  Pasti banyak yang sudah tahu mengenai wujud mpon-mpon itu ya terutama para ibu dan perempuan.

Mari kita bahas satu persatu

Kunyit

Kunyit atau dikenal juga dengan kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Ia termasuk dalam keluarga jahe-jahean, masih satu keluarga dengan jahe. Bagian dari pohon kunyit yang digunakan adalah umbinya. Sehingga bila seseorang menyebut kunyit itu berarti merujuk pada umbinya.

Kunyit memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, anti peradangan. Zat kurkumin yang ada dalam kunyitlah yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti peradangan ini. Selain itu manfaat kunyit antara lain; mencegah kanker, mengurangi rasa mual, mengatasi masalah pada pencernaan.

Temulawak

Termasuk ke dalam tanaman obat yang berasal dari Indonesia, yakni pulau Jawa. Temulawak juga dikenal dengan nama koneng gede.

Bagian tanaman ini yang dimanfaatkan adalah rimpangnya yang biasa dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

Jahe

Jahe juga merupakan salah satu rempah-rempah atau bahan obat yang banyak dikenal luas di masyarakat Indonesia. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Manfaat jahe antara lain: sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, membantu proses detoksifikasi, mengatasi masalah pada pencernaan dan untuk mengurangi rasa sakit.  

Sereh

Atau serai merupakan anggota rumput-rumputan. Mirip seperti rumput tanamannya ya. Sereh sering sekali digunakan untuk memberikan aroma pada masakan.

Sereh juga terkenal dengan minyak atsirinya yang dihasilkan dari penyulingan tanaman ini. Sereh baik itu berupa tanaman ataupun yang sudah menjadi minyak atsiri, baik sekali untuk mengusir nyamuk.

Banyak sekali kegunaan tanaman ini untuk kesehatan kita ya, antara lain untuk menurunkan kadar kolestrol, mencegah infeksi, menghilangkan kembung dan untuk menjaga kesehatan mulut.

Kayu manis

Tanaman rempah-rempah ini termasuk dalam golongan genus Cinnamomum dalam keluarga Lauraceae. Bagian dari tanaman ini yang digunakan adalah kulit kayunya.

Kayu manis penuh dengan senyawa bermanfaat yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidannya yang tinggi seperti polifenol, serta memiliki sifat antimikroba dan antiparasit dapat digunakan sebagai perawatan tubuh dan kecantikan.

Sekarang manfaatnya antara lain; untuk menyehatkan jantung, mencegah penyakit kanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai anti jamur dan bakteri.

Cara membuat jamu mpon-mpon amatlah mudah. Meskipun kini telah banyak tersedia jamu mpon-mpon yang dijual di market place, ada baiknya kita membuatnya sendiri saja.

Caranya amat mudah.
  • Cuci bersih semua bahan-bahannya
  • Lalu potong-potong semua kecuali kayu manis
  • Setelah rebus air dalam panci
  • Setelah mendidih, masukkan semua bahan
  • Tunggu beberapa menit
  • Setelah itu kompor bisa dimatikan
  • Bisa diminum ketika hangat


Di sini saya tambahkan gula merah untuk menambah rasa.

Demikian sharing kali ini ya, walaupun agak terlambat tapi ga pa2 lah dari pada tidak sama sekali.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter