Selasa, 28 April 2020

Membuat Dumpling Goreng

Dumpling goreng siap disantap

Resep ini saya modif dari resepnya ibu Nikmatul Rosidah di channel Youtube beliau. Saat itu saya lihat video beliau yang kalau tidak salah adalah dumplings isi kobis.

Saya lalu tertarik untuk mencobanya lantaran bahan-bahannya yang ga sullit didapatkan. Namun saya modif sedikit yakni untuk isian dumpling tersebut saya menggunakan kentang dan wortel berbeda dengan yang ada dalam video tersebut.

Yuk, langsung saja simak.

Bahan-bahan untuk kulitnya:
  • Tepung terigu
  • Tepung maizena
  • Garam
  • Lada
  • Air

Cara membuat kulitnya:
  • Campurkan terigu dan maizena (saya gunakan kurang lebih 200 gram terigu dan 2 sendok makan maizena)
  • Tambahkan garam dan lada secukupnya.
  • Lalu uleni dengan air perlahan-lahan hingga kalis.
  • Setelah itu diamkan adonan kurang lebih 10 menit
  • Setelah 10 menit, bentuk bulat-bulat kecil lalu diamkan kembali sebentar
  • Setelah itu ditipiskan bulatan-bulatan tadi, untuk ukuran tipis atau tebalnya sesuai selera saja 



Dumpling yang belum digoreng
Bahan-bahan untuk isian
  • Wortel
  • Kentang
  • Lada
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur

 Cara membuat isian:
  • Potong-potong kotak kentang dan wortel
  • Lalu tumis hingga matang
  • Tambahkan juga garam, lada dan penyedap rasa atau kaldu jamur

 Sekarang, cara membuat dumplingnya:
  • Ambil satu lembar adonan yang telah ditipiskan tadi
  • Lalu masukkan sedikit isian di tengahnya
  • Katupkan kedua sisinya dan rekatkan
  • Buat hingga semua lembar adonan yang telah ditipiskan habis
  • Setelah itu goreng dengan api sedang
  • Dumpling goreng pun siap dihidangkan


Setelah selesai membuatnya, kok ya mirip dengan pastel. Tapi, memang kalao disimpan di kulkas, satu sama lain jangan berdekatan soalnya bisa menempel satu sama lain.

Yo wis, segitu dulu sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter