Kamis, 17 Oktober 2013

Karma Yoga Bagi Orang Modern

Karma Yoga 
Membaca buku karya bapak Anand Krishna yang berjudul Karma Yoga Bagi Orang Modern, membuat kami merenung sejenak. Buku tersebut memaparkan tentang sebuah etos kerja transpersonal yang semestinya menjadi fokus kita dalam keseharian.

Etos kerja yang tanpa pamrih, tanpa memikirkan kepentingan pribadi dalam melakukan suatu hal atau pun pekerjaan. Terkesan terlalu muluk memang, tapi semestinya tidak demikian. Karena seperti yang diuraikan dalam buku yang diterbitkan oleh Pt. Gramedia Pustaka Utama ini bahwasanya etos seperti itulah yang merupakan suatu hal yang alami, semangat atau etos yang demikian itu selaras dengan alam.

Dari halaman 192 – 210 bapak Anand Krishna menjelaskan bahwa alam semesta memberikan contoh nyata kepada kita semua mengenai etos kerja tanpa pamrih ini. Kita bisa melihat Matahari senantiasa bersinar dan menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk, ia tidak pilih kasih. Bulan, bintang, api, air dan bumi pun demikian.

Sudah sepantasnya kita, manusia yang mengaku sebagai makhluk paling mulia di atas bumi ini berlaku tanpa pamrih, melayani tanpa pilih kasih sebagaimana yang telah dipertunjukkan oleh alam semesta.

Bahkan Sekretaris jenderal PBB pun mengatakan hal yang sama dalam pesannya untuk memperingati the International Volunteer Day pada tahun 2008, Ban Ki Moon mengatakan bahwa “semangat kerelawanan dan alturisme inilah yang saat ini dibutuhkan dunia.”

Ia melanjutkan bahwa warga dunia “membutuhkan orang-orang yang dapat berkarya tanpa motif dan kepentingan pribadi. Kita membutuhkan orang-orang yang dapat melayani masyarakat tanpa memikirkan keuntungan bagi dirinya.”

Buku yang berisi 247 halaman ini memang patut menjadi salah satu yang kita baca dan renungkan untuk kemudian kita tindak lanjuti.

Di sampul depan buku Karma Yoga Bagi Orang Modern ini terpampang pengantar yang indah dari YF La Kahija (Peneliti Psikologi Transpersonal, Universitas Diponegoro) yang berbunyi, “ Hal yang paling menantang dari ajaran-ajaran spiritual adalah membumikannya, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam buku ini, Anand Krishna dengan ringan membawa kita ke dalam seni berkontemplasi dan bermeditasi di keramaian lewat pekerjaan yang bernapaskan pelayanan tanpa pamrih kepada sesama.”

Buku Karma Yoga Bagi Orang Modern ini bisa didapatkan dengan pembelian online via Books Indonesia

DETAIL
Judul                      Karma Yoga Bagi Orang Modern
ISBN/EAN            9789792276282 / 9789792276282
Pengarang             Anand Krishna
Penerbit                 Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Terbit                    13 Oktober 2011
Berat                     250 gram
Dimensi(mm)         140 x 210
Tags                      inspirasional,meditasi,pengembangan diri,spiritualitas
Kategori                 New Age


Flag Counter