Sabtu, 05 Januari 2013

Tumis Sawi Asin

Setelah posting terakhir mengenai cara membuat sawi asin atau sayur asin, kini saatnya membuat masakan dari sawi asin tersebut. Lho kok cepat membuat sawi asinnya sih? bukan kami sendiri yang membuatnya melainkan beli dari supermarket.

Tadi malam sepulang dari tempat bekerja, kami berniat untuk makan malam karena perut sudah menagih minta diisi :-)  Al-hamdulillah adik kami baru saja pulang dari supermarket membeli keperluan dapur eh kami lihat ternyata ia membeli 2 pack sawi asin.

Ahha!!

Langsung saja kami meraciknya untuk dimasak menjadi menu makan malam saat itu. Hmm.....

Menu yang ingin kami buat adalah tumis sawi asin sesuai dengan selera kami :-)

Yang kami lakukan kemudian adalah membuka 1 pack sawi asin untuk kemudian mencucinya beberapa kali dengan air bersih lalu kami potong-potong.



Sawi asin yang sudah kami cuci siap untuk dimasak

Lalu menyiapkan bumbu-bumbu yang diperlukan yakni; bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting dan cabe rawit hijau. Untuk banyaknya bumbu-bumbu tersebut disesuaikan dengan sawi asin yang digunakan, bila yang digunakan sedikit maka bumbunya pun demikian. Semua bumbu diiris.

Bumbu-bumbu yang sudah diiris

Siapkan wajan, tambahkan sedikit minyak goreng ke dalamnya ( minyak pun disesuaikan dengan banyaknya sawi yang ingin dimasak). Masukkan bawang putih dan bawang merah ke dalam wajan bila sudah cukup panas kemudian bila sudah agak harum, masukkan ke dua jenis irisan cabe yang digunakan.

Bila sudah cukup matang bumbunya, sawi asin yang sudah dipotong-potong bisa dimasukkan ke dalam wajan. Gunakan api yang agak kecil agar sawi matang dengan baik. Bisa juga ditambahkan sedikit kecap asin dan kecap manis guna menambahkan rasa.

Tak perlu waktu lama, akhirnya tumis sawi asin pun siap disantap. Nikmat banget dimakan dengan nasi hangat. Nyam nyam nyam...... kami pun menikmati makan malam dengan rasa senang

Tumis sawi asin siap disantap

Terima kasih untuk hari ini....


Image: photo pribadi




Flag Counter