Kamis, 03 Januari 2013

Tips Menanam Sawi Hijau

Ngomong-ngomong masalah sayur, kami sangat suka dengan sayur sawi. Warnanya yang hijau cerah membuat kami selalu ingin membelinya tiap kali melihatnya di tukang sayur walaupun persediaan sawi masih ada di kulkas.

Satu bulan yang lalu kami mencoba untuk menanam sawi tersebut dengan modal bibit sawi yang dibelikan oleh sang adik dan juga pupuk kompos yang sudah disediakan. Jadi kami tinggal pakai saja. Memang diperlukan sedikit waktu yang disisihkan untuk mulai menanam paling tidak sekitar satu sampai 2 jam. Dan tiap harinya kami hanya perlu menyiramnya saja. 
Awalnya kami meletakkan tanaman sawi itu di pinggir rumah, memang terkena sinar matahari namun posisinya agak miring karena ada di bawah atap, maklum kami takut tanaman yang masih kecil itu akan rusak terkena air hujan secara langsung apalagi bila hujannya lebat.

Tananam sawi yang usianya kurang lebih satu bulan
Minggu yang lalu kami coba untuk memisahkan beberapa tanaman sawi itu supaya perkembangannya agak bagus. Yah maklum saja posisinya berdesak-desakkan seperti itu, jadi daunnya pun kurang berkembang.

Kami berharap agar tanaman tersebut bisa lekas tumbuh subur sehingga bisa kami gunakan.

Menurut teman kami setelah bincang-bincang beberapa hari yang lalu, tanaman sawi dan tanaman lainnya pada umumnya memang membutuhkan sinar matahari agar tumbuh dengan baik dan juga tanaman sayuran baru bisa dipindahkan ke media tanam bilamana daunnya sudah berjumlah 4 helai.

Aduh... udah ga sabar ingin cepat-cepat ngeliat tanaman sawi kami tumbuh besar dan subur....



Flag Counter