Rabu, 16 Januari 2013

Catatan Hari ini

gambar dari www.merdeka.com 

Memang tidak enak bila sakit menghampiri tak seperti halnya dihampiri oleh seorang yang kita rindukan pastinya. Ah, tapi bila memang kenyataannya sebuah penyakitlah yang sedang menyapa kini ya terima saja. Mungkin ia pun terpaksa menyapa untuk sekedar mengingatkan bahwasanya sehat itu amatlah penting untuk selalu dijaga dari hari ke hari, dari masa ke masa.

Tak ada yang berpendapat bahwa sakit itu lebih baik dari pada sehat kecuali memang ada tujuan tertentu dengan (berpura-pura) menjadi sakit. Seperti ingin dijenguk oleh seseorang yang jadi incaran atau pedekatean, itu lain soal.


Dalam cuaca seperti ini memang kondisi tubuh mesti dijaga dengan baik. Pola makan yang baik haruslah dijaga, bila perlu minum suplemen vitamin tambahan. Penyakit yang sering muncul di musim penghujan seperti ini antara lain ; flu dan batuk. Sepele tampaknya tapi kenyataannya tidak demikian.

Penyakit atau dalam bahasa inggrisnya Disease adalah suatu kondisi abnormal yang mempengaruhi tubuh dari suatu organisme. Hal ini sering diartikan sebagai suatu kondisi medis yang berkaitan dengan gejala spesifik dan tanda-tanda umum.

Penyakit seringan apapun kelihatannya tetap saja membuat tubuh kita tak nyaman (dis-ease). Seperti jikalau salah satu kaki kita nyeri saat digunakan berjalan tentu saja sungguh tak nyaman karena mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Penyakit pada umumnya tak sekonyong-konyong datang, seperti halnya dalam pengertian di atas bahwa penyakit selalu diawali dengan gejala atau tanda-tanda. Sebagai mahluk yang terkenal jenius, kita mestilah pandai-pandai menganalisa gejala atau tanda-tanda yang “dikatakan” oleh tubuh kita. Nah, dengan mengetahui gejala atau tanda-tanda suatu penyakit maka kita akan terhindar dari penyakit yang lebih serius, tentu saja dengan juga menindaklanjuti gejala-gejala tersebut.

Dengan selalu menjaga asupan nutrisi makanan yang kita konsumsi dan dengan melakukan olah raga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Satu hal yang sering kali dilupakan adalah juga menjaga pikiran dan perasaan kita agar tetap terkendali.

Namun, walau dalam kondisi sakit kita haruslah tetap semangat agar tubuh segera sehat kembali dan memungkinkan untuk beraktifitas seperti semula.
Flag Counter