Rabu, 30 Januari 2013

Bagaimana Menghadapi Rasa Takut


Setiap orang kami rasa pasti pernah merasakan takut yang menyergap atau diam-diam menyusup ke dalam entah fikiran atau perasaan kita. Rasa takut akan berbagai hal, mungkin itu takut akan masa depan yang belum menentu karena tidak adanya perencanaan mengenai apa yang akan dilakukan dalam masa kehidupan ini.

Atau takut tidak mendapatkan jodoh sehingga menambah satu ketakutan baru yakni takut kesepian. Takut tidak mendapatkan pekerjaan yang layak, takut tak mendapatkan gaji yang cukup untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari bahkan sampai takut mengenai hal yang pasti akan kita bahkan oleh semua mahkluk hidup hadapi yakni kematian.

Gambar dari tweakyourbiz.com
Aneka macam jenis rasa takut ada dalam diri kita sebagai manusia. Manusia memiliki  5 jenis lapis kesadaran, yakni lapisan fisik (yang dapat kita lihat dan sentuh), lapisan energy, lapisan mental/emosional, lapisan intelejensia dan lapisan spiritual. Dalam masing-masing lapisan ini pun bersarang jenis rasa takut di dalamnya.

Rasa takut yang dalam bahasa inggris disebut Fear yakni false emotional appearing real yang artinya emosi palsu yang nampak nyata. Sesungguhnya emosi yang palsu namun terkesan nyata. Ya, kita pun seolah tahu akan hal itu. Rasa takut itu sesungguhnya emosi yang palsu namun terkesan nyata karena akibatnya nampak. Contohnya, kita melihat seseorang menderita penyakit jantung kemudian kita menjenguknya. Kita menjadi takut kalau-kalau kita juga menderita penyakit yang sama di kemudian hari berhubung kita pun memiliki pola hidup seperti orang itu misalnya. Padahal kita tidak atau belum sakit, tapi rasa takut sudah menyerang.

Nah, bila hal-hal seperti itu tidak diatasi maka akan menambah beban bagi jiwa kita. Kita tidak dapat menikmati hidup, dan bahkan kita akan menderita oleh rasa takut yang sepertinya tak perlu.

Bila ada masalah pasti ada solusinya dan untuk masalah rasa takut ini, One Earth Retreat yang berlokasi di tempat yang sejuk nan menyenangkan akan menyelenggarakan sebuah program yang berguna untuk itu yakni Fear management. Program ini mengajak kita semua untuk menjadi RESPONSIF dalam menghadapi RASA TAKUT dengan penuh tanggung jawab. Mengenal rasa takut yang “tersimpan” dalam 5 lapis Kesadaran Anda, dan melalui pemahaman maupun latihan kita akan menghadapi dan menyelesaikannya.

Kiranya ini sebuah program yang sangat pas bagi kita di awal tahun ini agar dapat mengatasi dan menghadapi aneka macam rasa takut yang kita sadari ataupun tidak sadari adanya dalam diri kita.

Silakan ikuti programnya tanggal 22,23,24 Februari 2013.  Untuk pendaftaran, silakan kontak Isty  di 081808941999.

Kunjungi pula websitenya http://www.oneearthretreat.com

Flag Counter