Kamis, 31 Januari 2013

Belajar mengoperasikan Powerpoint


Hari ini belajar menggunakan powerpoint karena kemarin melihat teman yang menurut kami pun tidak familiar dengan tool yang satu itu karena sepengetahuan kami ia sering kali kami dapati tengah mengutak-atik photoshop dan tak heran ia jago dalam bidang itu.

Hhmmm… melihat hasil pekerjaannya membuat bahan presentasi dengan powerpoint, kami pun berfikir kenapa tidak belajar saja sepertinya. Utak-atik dulu kalaupun salah toh komputernya ga bakal meledak he he he…

Itu kemarin.

Dan tadi siang kami betul-betul mencobanya. Sesudah komputer kami nyalakan (bukan dengan korek api lho J ), kemudian kami klik ikon start lalu kami arahkan kursor pada teks All Programs untuk memilih program yang hendak kami operasikan. Lalu kami dekatkan kursor ke option Microsoft Office dan terakhir klik pada menu Microsoft Office Powerpoint 2007

Maka terbukalah program itu

Jendela terbuka, di sinilah kita akan mengetik sejumlah kalimat ataupun meletakkan gambar

Nampak dua buah kotak persegi panjang, bagian atas untuk judul dan bagian bawahnya untuk menjabarkan judul tersebut atau keterangan yang sesuai dengan keperluan presentasi.

Di samping kiri nampak kotak kecil yang akan menampilkan hasil yang kita kerjakan atau seperti preview.

Menu Insert untuk menambahkan gambar atau chart atau clip art 

Kita bisa menggunakan menu-menu yang ada pada program powerpoint ini sehingga membuat bahan presentasi yang kita buat menjadi lebih menarik dan effektif. Ada menu insert yang dimaksudkan agar kita bisa menambahkan entah itu gambar, aneka bentuk ataupun skema pada bahan presentasi kita.

Menu design  membuat bahan presentasi kita jadi keren

Juga ada menu design yang memungkin agar bahan presentasi kita jadi lebih menarik dengan aneka design yang tersedia, kita hanya tinggal klik saja untuk memilihnya.

Kemudian ada menu animations sehingga bahan presentasi kita nantinya tidak hanya statis alias tak bergerak namun bisa menjadi lebih menarik juga dipastikan keren dengan menu yang satu ini.

Menu Animations yang  bikin bahan presentasi jadi tambah keren

Selain itu ada menu format di mana kita bisa memilih jenis huruf ataupun warna yang akan kita gunakan pada huruf-huruf yang kita pakai.

Menu format - silakan pilih bentuk font atau warnanya di sini


Baru segitu yang kami pelajari tentang tool yang satu ini, memang butuh waktu agar mahir menggunakannya. Kami harus sering-sering berlatih menggunakannya. Siapa tau dibutuhkan di kemudian hari.

Salam semangat…


Kamis, 31 January 2013


Gambar: Screen capture hasil sendiri
Flag Counter