Senin, 09 April 2012

Diskusi buku “Life Workbook” di One Earth, Ciawi


Jum’at yang lalu yakni tanggal 6 April 2012 bertepatan dengan hari libur tanggal merah (peringatan hari kematian Isa Al-Masih), di One Earth Reatret center, Ciawi Bogor – Jawa Barat, diadakan diskusi buku “Life Workbook” buah karya Bapak Anand Krishna. Acara malam itu acara diikuti kurang lebih 30 an peserta dengan berbagai latar belakang pendidikan, profesi dan agama.

Namun acara tetap berlangsung dengan seru. Acara dipandu oleh Ibu Norma seorang senior akuntan yang piawai membawakan acara. Dengan khas ia memulai acara yang saat itu memang mengambil bahan mengenai bab Hutang-hutang manusia (mulai halaman 113).

Ibu norma menguraikan bahwasanya ketika kita dilahirkan maka otomatis kita menanggung hutang-hutang (dalam bahasa Sanskerta Rina) yang jenisnya ada lima; Deva Rina, Rishi Rina, Pitra Rina, Mana Rina dan Bhuta Rina. Lalu 5 orang peserta menguraikan masing-masing Rina atau hutang-huitang tersebut. Apa saja dan bagaimana contohnya serta apa yang harus kita lakukan guna berupaya melunasinya.

Setelah diuraikan masing-masing jenis hutang tersebut, maka para peserta yang lain dipersilahkan untuk sharing atau memberikan pertanyaan agar kiranya jelas mengenai pembahasan bab yang maha penting itu.
Segala hal yang kita lakukan selama di dunia ini memang seharusnya kita lakukan dengan semangat pelayanan karena kita sedang melunasi hutang-hutang kita di masa kehidupan yang lalu. Sehingga dengan demikian kita tidak akan kecewa. Apa-apa yang kita lakukan adalah untuk melunasi hutang.

Tidak hanya kepada dewa atau kemulyaan, kita juga berhutang kepada Rishi – para bijak atau kebijaksanaan itu sendiri, kemudian ada hutang kepada keluarga, hutang kepada manusia dan hutang kepada lingkungan.

Dengan menyadari bahwa hidup ini adalah dalam rangka melunasi hutang-hutang tersebut, maka diharapkan kita dapat bersikap serta bertindak dengan lebih bijak sehingga kita tidak menambah atau membuat hutang baru.

Acara diskusi berakhir pada pukul 9 malam dan masing-masing peserta kembali ke rumah masing-masing dengan membawa pemahaman yang baru.

Terima kasih Bapak atas bimbingan Bapak melalui buku “lifeWorkbook” ini….

Terima kasih teman-teman…..

Terima kasih untuk hari ini….


Image: Google search
Flag Counter