Rabu, 12 Maret 2014

Kerajinan Membuat Kristik

Kristik yang pernah kami buat
Hari ini kamis, 13 Maret 2014 mau cerita tentang suatu yang sudah lama sekali terjadi.

Beberapa tahun yang lalu, mungkin awal-awal tahun 2000 an kami masih sering membuat kerajinan tangan berupa kristik. Itu tuh kerajinan membuat sebuah gambar di atas kain berlubang-lubang dengan menggunakan benang wol.

Ya, dulu kami suka membuatnya. Biasanya malam hari kami mengerjakan kerajinan kristik sampai agak larut dan baru tidur. Hal itu berlangsung lama sesuai dengan besar kecilnya kristik yang kami kerjakan.

Beberapa buku kristik kami beli guna mencari gambar yang kami sukai dan tentu saja tidak terlalu sulit bagi kami untuk membuatnya.

Kami tidaklah terlalu pandai untuk membuat kristik dengan warna yang njelimet :-) Sebagian besar kristik yang kami buat adalah gambar binatang dan perempuan cilik.

Sebelum membuatnya, biasanya kami mempersiapkan benang-benang wol dengan warna yang sesuai dengan gambar meskipun warna tersebut bisa saja diganti sesuai dengan daya imajinasi kita.

Awalnya yang memulai membuat kerajinan itu adalah kakak perempuan kami. Ia mengajari kami cara membuatnya dan akhirnya kami suka terus membuatnya  hingga awal tahun 2007.  Kini kami tidak lagi membuatnya.

Kerajinan tersebut ada beberapa yang kami bingkai dan kami hadiahkan kepada teman dan masih ada beberapa yang belum sempat kami bingkai dan masih tersimpan hingga kini.
Pernah suatu ketika tetangga kami melihat kami sedang membuat kristik dan dia berseloroh bahwa perlu waktu lama untuk membuatnya namun hanya butuh waktu yang singkat untuk merusaknya.

Benar juga. Memang diperlukan waktu yang lama untuk membuat satu buah kristik dan hanya perlu waktu mungkin sekian menit saja untuk merusaknya. Dan hal tersebut pun bisa terjadi pada apa saja entah itu nama baik yang kita bangun atau pun hal lainnya dalam hidup ini.

Gambar kristik yang pernah kami buat antara lain; gambar perempuan cilik sedang menggendong anjing kesayangannya dan gambar perempuan cilik sedang memegang bunga mawar (kami pasang di dinding kamar kami)  kira-kira berukuran 50 cm x 20 cm.

Diperlukan ketekunan dan ketelitian dalam membuatnya. Kadang kami mesti mengulangi dari awal bila mana ada yang salah. Kini kami baru ngeh bilamana pekerjaan seperti membuat kerajinan seperti itu juga bisa kita gunakan sebagai sarana untuk bermeditasi yakni fokus pada apa yang sedang dikerjakan sehingga hasilnya maksimal.

Wah, jadi ingin membuat kristik lagi nih :-)

Flag Counter