Sabtu, 11 Juli 2020

Membuat Kripik Jamur atau Jamur Krispi

Kripik Jamur atau Jamur Krispi

Saya baru-baru ini saja mulai mengkonsumsi jamur bulat atau jamur merang. Ternyata jamur merang itu enak juga ya dijadikan menu. Biasanya saya tumis bersama wortel, sawi hijau dan sawi putih dengan bumbu yang sederhana yakni bawang putih yang digeprek dan lada halus tak lupa garam dan penyedap rasa atau kaldu jamur.

Enak dan nikmat rasanya apalagi kalao dikonsumsi selagi hangat, tak lama setelah dimasak.

Kalao jamur tiram, saya belum pernah mencoba untuk dibuat tumisan. Sepertinya rasanya kurang pas kalao ditumis, tapi... saya belum tau juga karena belum pernah mencobanya.

Nah, selain ditumis, ternyata jamur juga bisa diolah menjadi snack atau cemilan yang tak kalah enaknya. Dulu saya pernah membuat kripik jamur ini dari jamur tiram dan belakangan ini saya dapati sebuah video dari ibu Yuni Leisure mengenai cara membuat kripik jamur dengan menggunakan jamur merang. Bahan-bahan dan caranya pun mudah.

Yuk simak di bawah ini:

Bahan-bahan
  • Jamur merang
  • Tepung beras
  • Tepung tapioka
  • Minyak goreng

Bumbu-bumbu:
  • Bawang putih bubuk
  • Lada bubuk
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur

Cara membuatnya:
  • Pertama-tama cuci bersih jamur
  • Lalu potong-potong
  • Selanjutnya beri bumbu, simpan dalam kulkas sekitar 15 menit supaya bumbu meresap      
  • Setelah itu masukkan jamur tadi yang telah diperas untuk menghilangkan kandungan airnya ke dalam campuran tepung beras dan tepung tapioka
  • Aduk-aduk hingga tercampur rata
  • Setelah itu goreng
  • Keripik jamur pun siap disantap


Hmmm... enak....

Selain menggunakan jamur merang, bisa juga menggunakan jamur tiram ya dengan cara yang sama. Tapi kalau untuk jamur tiram, jamur disuwir-suwir.

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter