Selasa, 07 Juli 2020

Tentang Laos

Rempah Laos

Ini bukan tentang sebuah negara ya. Tapi, ini tentang salah satu dari sekian banyak rempah-rempah yang ada di negeri tercinta kita. Laos atau juga dikenal dengan lengkuas.

Beberapa hari yang lalu, saya hendak memasak sayur asem dan salah satu rempah yang harus digunakan adalah laos atau lengkuas. Saya sih pikir masih ada di kulkas, jadi saya tidak membelinya ketika ke tukang sayur.

Dan ketika mau mulai masak dan mempersiapkan bumbu-bumbunya ternyata laos yang ada di kulkas sudah dalam keadaan kering alias tidak segar lagi. Wah... nyesel deh ga beli laos tadi pas di tukang sayur.

Yo wis, saya pikir walaupun kering yang penting kan ga busuk. Jadi, masih bisa digunakan. Lalu saya rendam sebentar laos yang sudah kering tadi dalam air biasa. Setelah itu saya gunakan untuk sayur asem yang saya masak.

Dan ternyata walaupun sudah kering, laos itu tetap memberikan aroma khasnya dalam sayur asem yang saya buat hari itu. Sip... lain kali saya ga akan buang laos yang sudah kering

Manfaat Laos 


Dari wikipedia, saya dapati bahwa Laos atau Lengkuas atau kelawas (Karo) (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.

Memang sih, laos ini umumnya digunakan sebagai bumbu untuk banyak masakan di nusantara namun demikian selain penyedap atau pelengkap suatu hidangan, laos memiliki sejumlah manfaat yang tak bisa dianggap sepele.

Berikut ini beberapa manfaat laos:

Mendukung kesehatan otak

Laos dapat meningkatkan kognitif Anda. Plantshospital mengatakan bahwa laos memmiliki sifat anti-inflamasi yang memiliki efek perlindungan pada otak. Rempah ini juga bisa mengurangi degenerasi otak yang berkaitan dengan usia.

Meringankan batuk dan sakit tenggorokan

Ternyata laos bisa membantu meringankan sakit batuk dan sakit tenggorokan yang Anda alami karena laos bisa berfungsi sebagai ekspektoran. Caranya adalah campur bubuk laos atau beberapa iris laos segar ke dalam air panas, tambahkan madu dan sedikit perasan jeruk nipis, minum dalam keadaan hangat.

Membuat kulit menjadi sehat

Kandungan anti oksidan yang terdapat dalam laos bermanfaat sekali untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, laos juga kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit sehingga menjaga kulit dari efek penuaan.

Mengobati diabetes

Zat yang terkandung dalam laos bisa menghambat metabolisme karbohidrat dan meminimalkan lonjakan glukosa dalam darah. Selain itu laos juga kaya akan anti oksidan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ hati dan pankreas dari kerusakan.

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...



Flag Counter