Senin, 27 Juli 2020

Belajar Membuat Klepon

Hmm. Beberapa hari yang lalu klepon menjadi trending topik di twitter. Ada suatu hal yang membuatnya trending dan itu suatu hal yang ajaib. Tapi, ada baiknya juga. Lantaran hal itu, banyak orang yang membuat klepon.

Klepon jadi naik daun lagi....

Dan saya pun ikut pengen mencoba membuat klepon. Saya sudah pernah menikmati cemilan ini, beberapa kali. Dulu, sudah lama sekali. Tapi, saya belum pernah membuatnya sekalipun.

Dan, mungkin ini saat yang tepat untuk mencoba membuat klepon sendiri. Masih terkait pandemi, saya belum berani untuk membeli makanan atau jajanan. Jadi, solusinya adalah membuatnya sendiri.

Ternyata kalau dipikir dan melihat tayangan di youtube ataupun membaca resepnya itu mudah saja, tapi setelah dipraktekkan, tak semudah yang kita saksikan dan bayangkan.

Untuk resepnya, saya cari via mbah Google dengan kata kunci resep klepon anti gagal, dan saya klik di sini

Saya menggunakan resep klepon biasa yang ada di link tersebut dengan sedikit modifikasi.

Yuk, simak!

Bahan-bahan:

  • Tepung beras ketan
  • Tepung beras
  • Air hangat
  • Garam
  • Gula merah untuk isi
  • Pasta pandan
  • Kelapa parut
  • Air untuk merebus
Cara membuatnya:

  • Campur kedua tepung dan garam (saya pakai kira-kira 20 sdm tepung beras ketan dan 2 sdm tepung beras)
  • Tambahkan air hangat yang telah dicampur dengan sedikit pasta pandan
  • Uleni hingga kalis
  • Setelah kalis, ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat
  • Buat lubang di tengahnya lalu masukkan sedikit gula merah yang telah diiris lalu bulatkan lagi
  • Buat hingga semua adonan habis
  • Lalu rebus hingga bulatan-bulatan tadi mengambang
  • Setelah itu diamkan sebentar
  • Angkat dan balurkan ke dalam parutan kelapa yang telah dikukus dengan dicampur sedikit garam.
  • Klepon siap disajikan

Dan, karena suami saya tidak terlalu suka cemilan yang manis, maka resikonya adalah saya mesti habiskan sendiri klepon ini he he he. Tapi, sebelumnya saya berikan sedikit pada mertua saya yang ada di lantai bawah.

Lumayan, di tengah pandemi seperti ini, saya masih bisa menikmati klepon. Salah satu kuliner khas nusantara. Semoga selalu ada rejeki dalam setiap kondisi. Amin....

Demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini. 

Flag Counter