Kamis, 16 Juli 2020

Yang terlintas di suatu saat


Pengulangan
Mungkin amat terlambat ya bahwa saya baru menyadari satu hal yang seharusnya sudah saya sadari sedari dulu. Tapi... memang begitulah yang terjadi.

Kemarin sore, ketika sedang memasak, terlintas dalam benak saya bahwasanya hidup memang suatu pengulangan. Ya, pengulangan.

Dalam skala pribadi saja, pengulangan itu amat nyata kita lakukan bukan hanya tiap hari, namun tiap detik bahkan. Pengulangan-pengulangan yang kita lakukan sejak kita bangun tidur hingga tidur kembali amatlah banyak.

Seperti; pergi ke kamar mandi, lalu buang air, selanjutnya memasak, mandi, makan, menonton tv, mendengarkan musik, bekerja, menulis, berbicara, itu semua kita lakukan tiap hari. Kita lakukan berulang-ulang.

Dan pengulangan yang kita lakukan sejak kita lahir adalah bernapas. Dalam salah satu bukunya yang berjudul Life Workbook, Bapak Anand Krishna mengatakan bahwa

Setiap menit kita bernapas kurang lebih 15 kali. Proses ini berjalan terus dari kelahiran hingga kematian badan ini. Setiap hari kita bernapas sekitar 21.600 kali. Itu merupakan suatu proses yang hebat dan dahsyat, namun tidak kita sadari, kecuali dalam keadaan sakit, yaitu saat kita sulit bernapas. Hanya bila menderita asthma, kita begitu sadar akan arti pentingnya pernapasan yang  teratur.

Itulah pengulangan yang kita lakukan sejak awal kita muncul di dunia ini. Dan selanjutnya pengulangan-pengulangan yang lain pun terjadi.

Mungkin yang penting dari pengulangan-pengulangan yang kita lakukan adalah apakah kita menjadi lebih baik dari saat ke saat? Apakah kita menjadi lebih dekat dengan tujuan hidup kita?

Pengulangan memang mesti kita lakukan, kita lakoni dengan sadar karena seperti itu salah satu hukum yang berlaku di dunia ini.

Sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter