Selasa, 21 April 2015

Masker Rambut Alami dari Kopi SariBhumi

Sudah sejak bulan Januari tahun ini kami memang mencoba sebisa mungkin untuk tidak menggunakan shampoo untuk membersihkan rambut alias keramas.

Ya, sejak kami membaca postingan pak Hendra Hendarin – salah seorang yang kami kenal di Facebook – mengenai cara membuat shampoo dengan bahan-bahan alami yakni lidah buaya, air perasan jeruk nipis dan garam yang dicampur jadi satu.

Ia menggunakan resep shampoo buatannya tersebut untuk dirinya sendiri dan hasilnya rambutnya sehat dan tak bermasalah meskipun tak menggunakan shampoo yang banyak dijual di pasaran.  Oleh sebab itu ia sharing di wall facebooknya.

Sampai saat ini, kami memang belum mengikuti petunjuk yang diberikan di dalam resep tersebut.
Kami hanya menggunakan lidah buayanya saja yang langsung kami aplikasikan di rambut kami 30 menit sebelum keramas.

Dan, sayangnya kami masih menggunakan bantuan shampoo yang minimal untuk membersihkannya (padahal sebaiknya tidak menggunakan shampoo). Hal itu kami rasa karena masih adanya conditioning dalam diri kami bahwa kalau keramas ya mesti ada busa-busanya he he he... (kedengarannya seperti pembenaran ya? )

Kopi SariBhumi bagus untuk masker rambut

Kembali kepada judul di atas

Masker Rambut Alami dari Kopi SariBhumi

Sejak membaca postingan (lagi-lagi) pak Hendra Hendarin di facebook, kami tertarik untuk membeli kopi yang ia produksi yang ia namakan kopi SariBhumi. Kami pun memesannya sebanyak setengah kilo untuk keperluan perawatan rambut dan lulur.

Nah, hari Minggu yang lalu kami mencoba untuk menggunakan kopi SariBhumi tersebut untuk keperluan perawatan rambut dan lulur.

Cara yang kami lakukan;
  • 3 sendok teh munjung kopi SariBhumi kami masukkan ke dalam gelas belimbing
  • Air setinggi tumpukan kopi tadi kami masukkan ke dalamnya
  • Lalu perlahan-lahan kami tambahkan air panas ke dalam gelas tadi hingga hampir memenuhi gelasnya (kayaknya kebanyakan he he he...)
  • Sesudah itu kami tutup hingga beberapa menit
  • Kemudian, kami tuang air kopi tadi (air dan ampas kopi terpisah karena sudah didiamkan beberapa lama) ke dalam wadah yang lain.
Selagi hangat air seduhan kopi SariBhumi tadi, kami aplikasikan ke rambut kami. Dan kami diamkan kurang lebih 30 menit sebelum akhirnya kami bilas dengan air hangat (sesuai yang diintruksikan pak Hendra Hendarin dalam postingan resepnya) saat mandi.

Oya, karena kami menyeduhnya hampir satu gelas belimbing, maka adik perempuan kami pun bisa menggunakannya, maklum rambut kami pendek sehingga tak memerlukan banyak air seduhan kopinya.

Dan tak lupa ampas kopi SariBhumi nya pun kami gunakan sebagai bahan untuk luluran. Wah, rasanya enak banget di kulit. Kulit terasa lembab dan lembut...

Untuk rambut pun demikian, terasa enak dan tak gampang kusut. Sekali disisir, rambut akan tetap pada posisi atau bentuk sisirannya.  Kalau kena angin dan berantakan, sisir kembali dengan menggunakan jari-jari tangan. Beres deh...

Terima kasih pak Hendra Hendarin untuk kopi SariBhuminya dan semua postingan bapak di akun facebook bapak. Semoga Tuhan senantiasa memberkahi...

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter