Kamis, 02 April 2015

Bulan April dan buah duku

Gambar dari wikipedia
Wow... bulan April sudah datang. Ini hari pertama di bulan kelahiran ibu Kartini yang terkenal se-nusantara itu. Bulan yang juga diperingati atau diawali dengan saling berbohong di beberapa negara. Ya, tangga 1 April memang dikenal sebagai April fools day atau April Mop.

Bulan yang baru ini diawali dengan hari Rabu. Semoga bulan ini membawa keberkahan bagi kita semua. Amin...

Oya, di tanggal 1 bulan ini masih terdapat penjual buah duku di beberapa titik sepanjang perjalanan kami menuju kantor. Di sekitar tempat kami bekerja pun ada 4 titik penjual buah yang terkenal dari Palembang itu. Meskipun tak hanya di Palembang saja buah duku berasal, namun buah duku yang terkenal manis dan enak ya yang dari Palembang itu.

Sebelum akhirnya sampai di tempat kami bekerja, kami menyempatkan diri untuk membeli setengah kg buah tersebut, lumayan untuk ngemil. Buah duku, seperti buah musimam yang lainnya seperti rambutan, durian atau pun mangga, harganya menjadi lebih murah bila sudah memasuki musimnya. Namanya juga buah musiman, ya hanya ada di musimnya saja.

Kalau sedang musim, maka buah tersebut akan mudah sekali kita jumpai dan dapatkan. Buah duku ini contohnya, saat ini biasa dijual Rp. 10 ribu bila kondisi buah masih bagus. Namun bila kulit buah sudah mulai tampak warna hitam, maka bisa dijual dengan harga 8 ribu saja per kg nya.
Ibu kami pernah berkata, makanlah buah yang lagi musim karena mudah didapat. Soalnya mumpung sedang musimnya berbuah, nanti kalau sudah habis musim berbuahnya pasti sulit sekali mendapatkannya.

Buah yang berbentuk bulat itu ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan kita, jadi daripada ngemil gorengan melulu lebih baik ngemil buah duku lho. Buah ini rasanya manis, namun jangan sampai mengigit bijinya ya, karena pasti akan terasa pahit.

Selain di Indonesia, duku juga terdapat di Malaysia, Thailand dan Filipina. Dan sayangnya buah ini belum menembus pasar buah-buahan di Eropa ataupun Amerika Serikat.

Kandungan Gizi Buah Duku

Buah yang lebih dikenal berasal dari daerah pempek ini ternyata mempunyai banyak kandungan gizi.
Buah ini mengandung vitamin c yang berguna sebagai antioksidan. Selain itu juga vitamin e yang berguna untuk kesehatan kulit kita. Dan buah duku ini juga sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan kita.

Buah ini juga baik untuk pengganti snack karena ia bersifat mengenyangkan (coba deh makan 1 kg, pasti kenyang he he he). Bagi yang ingin menurunkan berat badan, bisa jadikan buah ini penganan di malam hari sebagai pengganti makan malam.

Ok deh, selamat menikmati manisnya buah duku selama masih musimnya ya...

Terima kasih untuk hari ini...
Flag Counter