Rabu, 07 November 2012

Siapa sih Anand Krishna itu?


Anand Krishna yang terlahir di salah satu kota di provinsi Surakarta yakni Solo tahun 1956 tepatnya pada tanggal 1 September adalah seorang warga negara Indonesia keturunan India. Nama lengkapnya adalah Krishna Kumar Tolaram Gangtani yang adalah seorang spiritualis lintas agama, nasionalis, humanis, budayawan dan penulis lebih dari 150 an buku berbahasa Indonesia dan Inggris, beliau tinggal di Jakarta, Indonesia. Walaupun berdarah keturunan India, tapi semangat kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangatlah tinggi. Kepeduliannya itu dituangkan dalam membentuk organisasi-organisasi yang peduli dalam berupaya membangun jiwa-jiwa manusia Indonesia lewat upaya-upaya pemberdayaan diri. Salah satunya adalah National Integration Movement atau Perkumpulan Gerakan Integrasi Nasional, 11 April 2005, yang sangat peduli dengan kondisi persatuan dan kesatuan NKRI.

Kepeduliannya terhadap kondisi jiwa spiritual masyarakat tidak hanya berhenti pada masyarakat Indonesia, tapi juga pada masyarakat dunia yang dituangkan dituangkan dengan pendirian Yayasan Anand Ashram (berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa – Department of Public Information sejak 15 Desember 2006) sebagai Centre for Holistic Health and Meditation sejak tahun 1991.

Love is the Only Solution adalah satu-satunya cara yang digunakan Anand Krishna dalam menyikapi hidup di dunia ini untuk mewujudkan masyarakat yang tercerahkan melalui InnerPeace, CommunalLove, dan GlobalHarmony dalam Satu Bumi, Satu Langit dan Satu Umat Manusia (One Earth One Sky, One Humankind)

Anand Krishna menempuh pendidikan dasarnya di Lucknow, India Utara. Di sana ia bertemu dengan Guru Spiritual pertamanya, Sheikh Baba. Berprofesi sebagai penjual es balok, Orang Suci ini justru tak dikenali oleh orang-orang yang tinggal di sekitarnya. Tapi Beliau memainkan peranan penting dalam proses “kelahiran” Anand Krishna yang sebelumnya memang sudah amat familiar dengan puisi-puisi dan ajaran Sufi yang ditulis oleh Shah Abdul Latief dari Sind, lewat Sang ayah, Tolaram.

Ia bekerja sambil studi. Anand Krishna memperoleh gelar Master dari Universitas Pacific Southern, Amerika Serikat, dan pernah mencapai puncak karier sebagai Direktur dan Pemegang Saham sebuah Perusahaan Garmen di Indonesia, sampai akhirnya ia jatuh sakit. Menurut diagnosa medis ia menderita Leukemia pada stadium lanjut. Ini terjadi pada tahun 1991. Saat ia berusia 35 tahun, Anand telah menghadapi ancaman kematian di depan matanya.

Setelah berbulan-bulan menderita, secara misterius ia bertemu dengan seorang Lama Tibet di pegunungan Himalaya dan secara ajaib sembuh dari penyakitnya. Kemudian Anand memutuskan untuk membaktikan seluruh hidupnya guna berbagi kebahagiaan, kedamaian, kasih dan kesehatan holistik. Kisahnya dalam menghadapi penyakitnya tersebut dapat kita simak juga di dalam buku beliau yang berjudul Seni Memberdaya Diri 1 : Meditasi & Neo Zen Reiki http://booksindonesia.com/index.php?route=product/product&path=1_5&product_id=8

Beliau mendirikan yayasan Anand Ashram untuk itu dengan kegiatan-kegiatan yang sangat berguna bagi kesehatan yang tidak hanya kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental, emosional dan spiritual atau lebih kerennya kesehatan holistik. Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh yayasan Anand Ashram tersebut silakan kunjungi http://anandashram.or.id/

Beliau juga mendirikan sebuah padepokan di Bukit Pelangi, Ciawi, Jawa Barat. Untuk padepokan dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sini, silakan cek http://www.oneearthretreat.com/

Selain menulis buku, Anand Krishna juga secara rutin menulis untuk Harian Kompas, Harian Nasional Indonesia berbahasa Inggris The Jakarta Post, Harian Bali Times dan Harian Radar Bali. Artikel dan tulisan-tulisannya juga dimuat oleh media-media net internasional, seperti EzineArticles.com Expert Author, Commonground News, dll.

Anand Krishna adalah salah seorang anak bangsa yang amat peduli terhadap sesama. Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya Anand Krishna pun mendapatkan hak-hak asasi nya di negara yang ia sangat cintai ini.

Buku-buku karya Anand Krishna bisa didapatkan di toko buku Gramedia atau bisa juga dibeli secara online di http://gramediaonline.com/getsame.cfm?ID=author&search=ANAND%20KRISHNA&ProdID=673282


Image : Google Search
Flag Counter