Jumat, 07 Agustus 2020

Belajar Membuat Bakpao Pandan Isi Coklat

Bakpao Pandan Isi Coklat
Sebenarnya saya bukan penggemar bakpao, tapi... karena di rumah masih banyak pasta pandan sisa untuk mbikin kue klepon, maka saya cari cara untuk menggunakannya. Jadi... setelah saya pikir-pikir, apa ya makanan yang ijo-ijo?

Ternyata terlintas bakpao ijo. Jadilah saya cari resepnya di Youtube dan di Google. Akhirnya setelah menyimak beberapa resep, saya putuskan untuk menggunakan yang saya gunakan di bawah ini. Dan hasilnya, bagus. Bakpaonya enak dan teksturnya tetap empuk meskipun sudah dingin bakpaonya.

Yuk langsung saja:

Bahan-bahan

  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula putih
  • 1 sdm margarin
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt baking powder
  • Air 150 ml
  • Pasta pandan
  • Selai coklat

Cara membuatnya:

  • Campurkan di dalam satu wadah, tepung terigu, garam, baking powder dan ragi. Aduk-aduk hingga tercampur rata
  • Larutkan gula dalam airnya dan tambahkan pasta pandan
  • Masukkan sedikit demi sedikit air yang sudah tercampur gula dan pasta pandan ke dalam wadah terigu.
  • Uleni sambil masukkan juga margarinnya
  • Uleni hingga kalis
  • Setelah itu diamkan kurang lebih 20 menit
  • Setelah 20 menit, hilangkan gasnya. Lalu bulat-bulatkan kemudian beri isi dengan selai coklat.
  • Lakukan hingga semua adonan habis
  • Setelah itu diamkan lagi kurang lebih 15 menit
  • Lalu kukus kurang lebih 15 menit dengan tutup panci yang dibungkus supaya uap air tidak jatuh ke bakpaonya
  • Setelah matang, buka tutup pancinya sedikit saja kira-kira 5 menitan supaya hasil bakpao tidak keriput
  • Setelah itu, angkat bakpaonya dan siap disantap. Yummi....

Wih... rasanya seneng banget melihat hasilnya. Seumur-umur baru kali ini saya bikin bakpao dan berhasil. Bakpaonya mengembang dan empuk juga. Enak....

Oya, karena sudah diisi dengan selai coklat yang tentu saja manis, maka untuk adonannya saya pakai ½ sdm makan gula pasir saja supaya tidak terlalu manis. Jangan lupa untuk menutup adonan dengan serbet atau plastic wrap ketika sedang didiamkan ya supaya adonan tidak kering.

Sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini....

Flag Counter