Senin, 15 Juni 2020

Latihan Master Dance Meditation Online via Aplikasi Zoom

Penari dan Tariannya

Tadi malam merupakan kali ke empat saya dan suami ikut latihan meditasi online melalui aplikasi Zoom. Latihan meditasi online kelas ego elimination yang sebelum pandemi memang dilaksanakan tiap hari Senin malam pukul 7 di Anand Ashram Sunter.

Latihan yang ke empat ini adalah master dance meditation. Latihan ini adalah yang kedua kalinya. Jadi, latihan pertama dan ke dua adalah latihan cleansing meditation dan latihan ke tiga dan ke empat adalah latihan master dance meditation.

Dan, karena online, maka peserta kelas Senin yang pada awalnya (offline) kurang lebih hanya 12 orang, kini meningkat tajam jumlahnya. Peserta menjadi lintas daerah tidak hanya dari Jakarta saja, ada yang dari Tangerang, Jogja dan Bali. Rame dan seru deh!

Sang fasilitator yakni mas Deepak Kumar, pada latihan master dance meditation yang pertama (minggu lalu) mengutip penjelasan Bapak Anand Krishna dalam buku beliau yang berjudul Meditasi Untuk Meningkatkan Kesadaran pada bagian dance meditation: “ Segala sesuatu dalam alam ini sedang bergetar, sedang menari.”


Buku Meditasi Untuk Peningkatan Kesadaran
Mas Deepak juga menjelaskan bahwa menari juga telah dijadikan sebagai salah satu sarana untuk terapi. Terapi menari ini dikenal dengan istilah Dance/Movement Therapy (DMT) biasa digunakan untuk mendukung fungsi intelektual, emosional dan motorik tubuh. DMT menggunakan konsep bahwa pergerakan tubuh memiliki kaitan dengan emosi seseorang.

Malam tadi, mas Deepak sharing mengenai pertemuannya dengan seorang teman lama. Dari pertemuannya tersebut mas Deepak berkesimpulan bahwa kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di luar amatlah  penting. Dan latihan meditasi menari ini salah satunya dimaksudkan untuk hal itu.

Latihan Master Dance Meditation


Pada latihan ini seperti latihan-latihan meditasi lainnya yang diadakan di Anand Ashram, menggunakan musik sebagai pengiringnya. Para peserta menggerakan tubuh selama beberapa menit mengikuti irama musik yang diputar, yang bermula dari lambat, sedang dan cepat.

Saya suka dengan latihan master dance meditation ini meskipun saya belum pernah belajar menari, tapi saya menikmatinya. Dengan mengikuti irama musik yang diputar, terkadang gerakan-gerakan yang keluar dari tubuh kita membuat kita heran sendiri, kok bisa yah? Kok bisa bergerak seperti itu?

Itu yang saya alami, dan saya menganggap bahwa memang gerakan-gerakan itu memang harus keluar dan diikuti saja sambil tetap sadar tentu saja atau tidak out of control. Tentu saja masing-masing peserta memiliki gerakan dan tarian yang berbeda dan itu sah-sah saja, tidak ada keharusan untuk bergerak dengan gerakan tertentu dan sebagainya.


Manfaat menari


Dari artikel online, saya dapati bahwa menari amatlah bermanfaat untuk kesehatan mental. Berikut ini manfaat dari menari:

Memengaruhi Kesejahteraan Psikologis

Menurut penelitian, melakukan tarian berkelompok bisa memberi pengaruh baik untuk kesejahteraan mental. Mereka yang melakukan tarian berkelompok merasa senang pasca menari. Selain itu, menari juga bisa menaikkan tingkat self-esteem seseorang.

Menurunkan Tingkat Depresi

Berdasarkan penelitian, menari rekreasional (aktivitas menari yang dilakukan untuk kepentingan sosial, kesehatan atau pendidikan) dapat meningkatkan kesejahteraan diri, menurunkan depresi dan kecemasan psikologis.

Memengaruhi Atensi

Menari yang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk improvisasi gerakan memperbaiki kemampuan memindah perhatian (switching attention). Kemampuan switching attention adalah kemampuan yang diperlukan ketika sedang mengerjakan tugas yang membutuhkan menerima stimulus-respons yang berbeda sekaligus.

Wah, ternyata menari itu manfaatnya dalem sekali (berkaitan dengan mental emosional kita). 

Mantaplah kalau begitu. Kita harus sering-sering menari sepertinya yah! Why not?

Bagi teman-teman yang ingin mengikuti latihan meditasi online yang diadakan oleh Yayasan Anand Ashram, bisa melihat jadwal di bawah ini ya.



Sebagai informasi bahwa setiap hari Selasa pukul 7 malam Wib ada latihan meditasi online streaming di channel Youtube AnandAshramIndonesia (ini menggunakan bahasa Indonesia). Sedangkan di hari Kamis pada jam dan channel yang sama menggunakan bahasa Inggris.

Wis, sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter