Rabu, 17 Juni 2020

Mencoba Membuat Bolu Kukus KayuManis (edisi gagal)

Bolu yang bantat

Kali saya mencoba untuk membuat bolu kukus kayumanis. Saya lihat dulu resepnya dengan cara cek di Google dan muncul website yang berisi aneka resep bolu kukus kayumanis yakni CookPad.

Saya klik salah satu resep yang ada.

Saya catat lebih dulu supaya ga lupa. Terus langsung saya coba eksekusi. Lantaran sudah saya siapkan margarin, kayumanis juga ada, terigu dan gula merah.

Saya mencoba resep ini karena bulan lalu saya sudah (merasa) berhasil membuat bolu kukus pisang yah. Dan saya ingin coba kali ini tanpa pisang tapi pakai kayumanis dan gula merah bukan gula putih.

Tapi... setelah eksekusi ternyata gagal alias bantat bolunya he he he

Tampaknya karena saya tidak ikuti resepnya dengan benar. Sepertinya airnya kurang sehingga adonan terlalu berat sehingga tidak mengembang dengan baik alias bantat. Sudah saya kukus kurang  lebih 30 menit, tapi ga mau bangun juga adonannya he he he


Setelah saya cicipi, ternyata rasanya kurang manis dan karena bantat, teksturnya terlalu padat .

Dari photo di atas, bisa dilihat jelas yah kalau itu bolunya tidak mengembang alias bantat. Padahal mah kalao ga bantat, bisa buat teman ngeteh di pagi hari.

Jadi, kesimpulannya adonan tersebut kurang: gula merah sehingga tidak manis, soda kue dan baking powder serta air sehingga tidak mengembang.

Ini pelajaran buat saya supaya lain waktu bisa berhasil membuat bolu kukus kayumanis ini.
Nanti kalau sudah berhasil membuatnya, akan saya posting lagi yah.

Sekian untuk kali ini.

Terima kasih untuk hari ini...
Flag Counter