Rabu, 05 Agustus 2015

Sekelompok Semut di Dinding Kamar

Gambar dari Google
Semut memang serangga berukuran kecil yang tidak berbahaya. Mereka tinggal berkoloni dan banyak ditemukan di daerah tropis. Ternyata semut termasuk hewan terkuat di dunia meskipun ukurannya kecil.

Ya, dari info yang kami temukan di Wikipedia, Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Lho, kok berbicara tentang semut?

Iya, soalnya tadi malam untuk pertama kalinya di tahun ini, semut-semut di kamar kami melakukan migrasi. Entah kemana yang jelas pukul 3 pagi hari kami terbangun karena ada sesuatu yang merayap di lengan kami.

Beberapa kali kami halau dalam keadaan mata masih terpejam. Namun, kok ya rayapan itu datang kembali. Kemudian kami bangun dan menghidupkan lampu yang lebih terang.

Ternyata sekelompok semut sedang migrasi. Mereka menempel di dinding kamar kami yang menempel dengan tempat tidur yang kami tempati. Karena menempel itulah, ada semut-semut yang naik ke kasur dan bantal yang ada.

Hal itu bukan hal yang aneh bagi kami karena beberapa tahun sebelumnya pun pernah seperti ini dan kami tidak melakukan apa pun. Kami biarkan saja mereka migrasi.

Tampak ada beberapa semut yang berukuran lebih besar dan hitam warnanya. Sepertinya itu pemimpin mereka. Sebagian memang berukuran kecil. Mereka bukan semut gula, entah jenis apa. Yang pasti, meskipun beberapa ada yang merayap di tubuh kami, namun mereka tidak menggigit sama sekali.

Pagi harinya sekelompok semut yang menempel di dinding kamar kami sudah lenyap. Kami tidak tahu kemana mereka pergi. Yang pasti mereka tidak mengganggu kami dan kami pun tidak mengganggu mereka.

Selamat bermigrasi wahai semut... Have a safe journey...


Terima kasih untuk hari ini...
Flag Counter