Rabu, 12 Agustus 2015

Langkanya Daging Sapi

Gambar dari Google
Daging sapi lagi ga ada!

Demikian keluh salah seorang ipar kami minggu lalu saat kami berkunjung ke rumahnya di kawasan Pondok Cabe.

Kami memang sudah berniat untuk berkunjung jauh-jauh hari namun baru kesampaian minggu lalu.

Ia berkata seperti itu lantaran dia mencari ke beberapa pasar tradisional, namun tak menemukan daging sapi. Penjualnya sedang mogok. Kata ipar kami tersebut.

Terpaksalah ia membelinya di sebuah supermaket.

Apakah daging sapi sangat penting?

Jawaban dari pertanyaan itu amat tergantung pada siapa pertanyaan tersebut kita ajukan. Bila kita ajukan pada pejual bakso, pastilah jawabannya amat sangat penting. Karena blla tidak ada daging sapi, maka mereka tidak bisa membuat bulatan-bulatan bakso. Dan hasilnya mereka tidak bisa berjualan.

Tetapi bila pertanyaan tersebut kita ajukan pada para vegetarian? Maka jawabannya adalah jelas. Tidak penting. Karena mereka tidak mengkonsumsi daging sedikit apa pun. Justeru mereka menghindari untuk makan makanan yang mengandung daging sapi dan daging berwarna merah lainnya.

Nah, bila pertanyaan itu ditujukan pada selain mereka, tentunya jawabannya akan bervariasa antara penting dan tidak penting. Bahkan ada yang biasa-biasa saja. Ada daging ya ok, tidak ada pun tidak masalah.


Pengganti Daging Sapi

Nampaknya, kita perlu sedikit berinovasi lantaran menghilangnya si daging sapi.

Penjual bakso bisa mengganti bahan utama baksonya itu dengan daging ayam atau daging ikan yang tak kalah bergizi. Selain itu daging ayam dan ikan lebih murah dan mudah untuk didapat.

Penjual burger pun bisa berkreasi membuat burger dengan berbahan dasar lain. Dengan tempe misalnya. Di samping akan berdampak pada harga jual yang murah, hal ini tentu saja akan menambah peminat burger sehingga penjualan akan meningkat pula. Lagi pula burger berbahan dasar tempe akan lebih bergizi lantaran tempe merupakan pakan yang bergizi.

Siapa tahu ke depannya, bakso ikan dan burger tempe akan lebih banyak peminatnya. Semoga...

Sebagai masyarakat biasa, kita bisa mengkonsumi ikan lebih banyak dan tentu saja sayur-mayur yang lebih mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

Ya, malah mengkonsumsi daging ikan amatlah bermanfaat bagi kesehatan kita dibanding dengan mengkonsumi daging berwarna merah. .


Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter