Kamis, 20 Mei 2021

Amankan no WA dengan Verifikasi Dua Langkah


Tadi pagi seorang sobat bercerita tentang pengalamannya. 

Ia mendapatkan Wa dari seorang teman. Tanpa ucap salam dan lainnya, temannya itu langsung kirim teks P lalu disusul dengan kalimat: “bisa bantu ga?”

Ada rasa curiga yah karena biasanya temannya itu selalu memulai pembicaraan dengan salam, tapi akhirnya Wa tersebut ia balas :”hal apa mba?”

Lalu temannya itu jawab lagi yang bikin tambah sobat saya curiga:”ada saldo di rek?”

“pinjam sebentar” “nanti siang dikembalikan”

Wah sobat saya jadi berfikir bahwa nomornya itu telah dihack orang karena dia tahu persis bahwa temannya itu ga bakal pinjam uang.

Langsung sobat saya tanyakan pada atasan temannya itu (kebetulan ia kenal) apakah nomor hp temannya itu dihack atau hpnya hilang. Dan ternyata diiyakan oleh sang atasan bahwa nomor teman itu telah dihack.

Ternyata semestinya sobat saya hapus pembicaraan itu segera dan semestinya ia tidak balas wa yang temannya itu kirimkan. Wah...sobat saya jadi was-was, jangan-jangan nomor WA nya sudah kena hack.

Modus

Ternyata ada teman saya yang bilang bahwa ada beberapa modus atau cara untuk melakukan hacking, salah satunya dengan mengirim info salah kirim kode voucher ke nomor kita, lalu orang tersebut minta kita supaya kirimkan kode voucher tersebut dan ketika kita kirim kode voucher tersebut, maka nomor WA kita kena hack.

Ada juga modus lainnya, saya tidak tahu.

Cara mengamankan

Salah satu cara mengamankan nomor WA kita adalah dengan verifikasi dua langkah untuk nomor WA yang kita gunakan. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Masuk ke aplikasi WA
  • Lalu klik titik 3 di pojok kanan atas
  • Pilih setting
  • Klik account
  • Selanjutnya klik two step verification
  • Lalu kita akan diminta masukkan 6 digit angka sebagai pin
  • Ikuti langkah selanjutnya hingga selesai dan klik save

Untuk pin 6 digit itu harus diingat yah soalnya secara berkala ketika kita masuk ke Wa, akan diminta pin tersebut dan juga akun email yang digunakan harus diingat sehingga ketika kita perlu mengganti pin, bisa melalui akun email tersebut.

Demikian sharing kali ini. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan dan semangat.....

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter