Rabu, 24 Oktober 2012

Keripik Singkong buatan sendiri


Keripik singkong cocok untuk camilan saat santai
Hari ini tidak ada yang dituliskan. Ingin sih menuliskan sesuatu, tapi… sepertinya buntu. Bingung mau nulis apa. Duduk di depan pc seperti biasa, kami hanya browsing sana browsing sini liat-liat informasi. Mulai dari resep masakan sampai info-info yang ga penting kayaknya.

Hmmm…. Mulai dari kemarin kami cek resep masakan tepatnya sih repep bikin kripik singkong yang cruncy alias garing dan gurih. Trus pas pulang bekerja kami sengaja mempraktekkannya. Memang sih ga persis seperti  yang ada dalam resep yang kami temukan, tapi setidaknya kami berhasil membuat camilan sendiri yang murah meriah dan juga bikin hati senang.

Singkong yang kami gunakan adalah singkong yang kami beli di tukang sayur dekat rumah, mungkin ukurannya satu kilo gram kemudian kupas dan cuci bersih,selanjutnya singkong kami iris tipis menggunakan irisan yang biasa digunakan untuk membuat kripik ( kebetulan di rumah ada ) kalaupun tidak ada irisan tersebut bisa gunakan pisau dapur biasa.

Selanjutnya singkong yang sudah kami iris-iris tersebut kami rendam  kurang lebih 30 menit dalam rendaman air, garam dan beberapa suing bawang putih yang dikeprek. 

Agak lama memang direndam, dan sambil menunggunya kami pun melakukan aktifitas yang lainnya yakni mencuci sedikit pakaian kami yang beberapa hari menumpuk. Hmmm… setelah selesai mencuci maka… pekerjaan selanjutnya adalah menggoreng irisan singkong yang sudah kami rendam tadi. Sebelumnya irisan singkong tersebut kami tiriskan lebih dahulu.

Tak terlalu lama akhirnya kripik singkong garing buatan sendiripun tersaji dengan enaknya. Semua anggota keluarga menikmatinya walau hari telah malam. Ya itung-itung kumpul bareng sebelum berangkat tidur ke kamar masing-masing


Image : Google search





Flag Counter