Rabu, 04 Juli 2012

Tomat dan Manfaatnya


Makan sajalah, tomat itu mengandung zat mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Coba saja browsing via si mbah Google, pasti sederet tempat yang menguraikan manfaat dan khasiat tomat berderet dari atas ke bawah.

Wuih….

Jangan dikira, buahnya sih tak seberapa besarnya bila dibandingkan dengan buah durian atau buah semangka J tapi…. Manfaatnya tak kalah lho..

Tomat tidak saja bisa dikonsumsi dengan cara dimakan mentah begitu saja (setelah dicuci bersih, tentu saja), namun juga biasa dikonsumsi dengan cara dimasak bersama bahan makanan atau sayuran lainnya. Biasa juga dikonsumsi setelah diolah menjadi saos. Hmmm… bisa juga dibuat minuman seperti jus tomat atau setup tomat.

Untuk kesehatan, berikut ini antara lain manfaat tomat:

  1. Bermanfaat bagi kesehatan mata. Ya, dikarenakan tomat  mengandung beta carotene yang tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan mata.
  2. Sebagai anti oksidan dan anti radang. Tomat mengandung tomatine yang bermanfaat sebagai anti radang , sedangkan kandungan karoten dan vitamin C dalam tomat bermanfaat sebagai anti oksidan yang akan melawan radikal bebas..
  3. Bermanfaat menurunkan resiko kanker prostat. Resiko kanker prostat akan menurun 21 – 43% hanya dengan mengkonsumsi tomat secara rutin 2 kali dalam seminggu.


Selain untuk kesehatan, tomat juga bermanfaat untuk merawat kecantikan. Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan adalah dapat mengobati jerawat, menghaluskan wajah, mengurangi komedo serta mencerahkan kulit wajah.

Cara menghaluskan wajah dan mencerahkan kulit dengan Tomat, cukup meletakkan air jus tomat pada wajah untuk menghaluskan kulit wajah. Sedangkan, untuk mencerahkan kulit, gunakan satu buah tomat yang telah dihancurkan.

Cara mengobati Jerawat dengan Tomat, Rebus tomat, lalu dipotong-potong. Kemudian gosokkan potongan tomat tersebut pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama sepuluh menit, dan bilas wajah dengan air. Lakukan secara rutin hingga jerawat menghilang.

Cara mengurangi Komedo dengan Tomat, haluskan buah tomat dan dicampur dengan madu. Oleskan campuran tomat dan madu pada wajah, biarkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat


Dari berbagai sumber

Image: Google Search
Flag Counter