Rabu, 18 Juli 2012

Talkshow “Nambah Uang Jajan dari Internet” bersama Su Rahman


Talkshow dengan tema Nambah Uang Jajan dari Internet di Gramedia Matraman

Bertempat di Lantai satu toko buku Gramedia Matraman, Jakarta Timur, talkshow persembahan toko buku Gramedia, Dell komputer, Pt Elex Media Komputindo dan Rumpi Tekno diselenggarakan kemarin (Rabu, 18 Juli 2012) pukul 16.00 hingga 17.30.

Acara diikuti oleh kurang lebih 23 peserta dengan latar belakang profesi yang berbeda, ada mahasiswa, ibu rumah tangga, pengemudi, marketing dan ada juga seorang guru bahasa inggris. Ada dua orang peserta yang tidak dapat disebut berusia muda namun mereka antusias mengikuti talkshow yang bertema “Nambah Uang Jajan dari Internet”

Sebagai pembicara dalam talkshow tersebut adalah Su Rahman, seorang founder dari Cipta Karya Mandiri yakni sebuah penyelenggara jasa yang bergerak dalam bidang pembuatan website dan internet marketing. Ia juga seorang penulis yang cukup produktif dengan enam buah buku yang telah diterbitkan oleh  Pt. Elex Media Komputindo dan satu buah judul buku diterbitkan oleh Media Kita.

Ia memfokuskan diri dalam menulis guna membagikan pengetahuan yang ia miliki dalam bidang web design dan internet marketing.  Guna memberikan tempat khusus bagi para pembaca buku-bukunya, ia menyediakan sebuah private forum yang mana dapat digunakan oleh para pembaca buku-bukunya untuk bertanya ataupun berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan web design ataupun internet marketing. Silakan membeli  buku-bukunya untuk kemudian berpartisipasi dalam private forum tersebut.

Nambah Uang Jajan dari Internet

Banyak cerita yang bertebaran di dunia maya mengenai kisah sukses seorang blogger yang memperoleh pendapatan dari program-program pencari uang di internet, tentu saja cerita tersebut bukanlah isapan jempol belaka, melainkan kenyataan yang mana telah dirasakan pula oleh Su Rahman sehingga ia berkenan share pengalamannya tersebut.

Dalam talkshow tersebut, Su Rahman mengisahkan bahwa hanya dengan bermodalkan sebuah blog dan akses internet yang kita maksimalkan akan mampu menambah penghasilan kita. Memang diperlukan ketekunan dan kontinuitas dalam melakukannya. Hal tersebut tentu saja haruslah diingat selalu bahwasanya sukses tidak bisa dicapai hanya dengan kerja satu atau dua jam saja. Seperti yang dikatakan para bijak bahwasanya teruslah berkarya tanpa memikirkan hasil karena bila mana kita berkarya, bekerja keras, sabar dan tekun maka hasil akan datang sendiri tanpa dipikirkan.

Su Rahman sedang memaparkan tips & triksnya

Su rahman menguraikan bahwa tersedia banyak program-program pencari uang di internet. Program-program tersebut ada yang diselenggarakan di sini (Indonesia) ataupun di luar negeri. Program-program tersebut antara lain;

·         Adsense
·         Ppc
·         PTC
·         Click Exchange
·         Paid review

Menurut situs Wikipedia, AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik

Untuk mendaftar ke dalam program adsense, alamat yang kita masukan dalam form register mestilah sama seperti yang tercantum dalam Kartu identitas kita (Ktp) karena kalau tidak, akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

PTC adalah singkatan kata dari Paid To Click, yang artinya adalah sebuah program yang akan membayar kita  ketika kita mengklik iklan yang tersedia dalam website penyelenggara PTC yang mana kita menjadi member terlebih dahulu. Komisi tersebut akan diakumulasikan untuk kemudian dapat kita cairkan ke rekening bank kita.

Jebakan Bat Man

Dalam dunia blogging atau dunia maya dikenal jebakan Bat Man. Ini bukan benar-benar Bat Man yang menjebak kita untuk kemudian memberikan sanksi ataupun hadiah. Istilah itu adalah sebuah jebakan melalui keahlian yang diciptakan oleh sang pemilik blog atau website yang dikhususkan untuk program-program pencari uang di internet sehingga sang pengunjung blog atau website tersebut dengan tidak sengaja meng-klik teks iklan yang ada di blog atau website itu.

Bagaimana mengakali agar teks iklan (yang biasanya dihindari pengunjung untuk meng-kliknya) di-klik oleh pengunjung. Su Rahman memaparkan beberapa triks untuk itu yang antara lain; membuat font untuk teks iklan berwarna sama seperti warna font atau bentuk font konten blog atau website kita sehingga pengunjung mengira teks iklan tersebut adalah konten blog atau website kita.

Sesi Tanya Jawab

Dalam sesi tanya jawab, salah seorang peserta dengan nama Ichsan Setiawan yang memiliki sebuah blog dengan tema kuliner ini, mengajukan pertanyaan mengenai pembayaran apakah yang cocok diterapkan di Indonesia untuk berjualan online, apakah menggunakan paypal atau bank transfer.

Su Rahman menganjurkan untuk menggunakan metode bank transfer untuk system pembayaran dalam hal berjualan online yang bersifat lokal karena orang Indonesia belum terbiasa dengan paypal. Namun bila target pasar yang kita bidik adalah internasional, maka penggunaan paypal sebagai system pembayaran tidak dapat kita hindari.
Bapak Nexar sedang mengajukan pertanyaan

Pertanyaan yang datang dari seorang peserta bernama M. Nezar Syms perihal pembayaran dari program Adsense, apakah akan hangus bila mana tidak segera dicairkan?

Su Rahman menguraikan bahwa komisi yang kita dapatkan dari program Adsense tersebut tidak akan hangus bila tak segera kita cairkan, namun biasanya kita “gatel” ingin segera mencairkannya J . Adapun minimum komisi yang dapat kita cairkan adalah sebesar 100 USD. Kita dapat mencairkannya atau menariknya via Western Union.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara-cara mendapatkan uang tambahan dari dunia maya ini, bisa kita dapatkan dalam buku Su Rahman berikutnya yang ditulis bersama Madie dengan judul “Killer Blogger for Money” yang akan diterbitkan pada pertengahan bulan Agustus oleh Pt. Elex Media Komputindo.

Terima kasih kepada toko buku Gramedia Matraman, Dell komputer, Pt. Elex Media Komputindo dan Rumpi Tekno serta kepada para peserta yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri talkshow tersebut.

Para peserta talkshow serius mendengarkan ulasan



Salam



Flag Counter