Senin, 20 Februari 2012

Komunitas Pecinta Kertas


Siang ini, seperti biasa kami sedang browsing internet, secara ga sengaja ketemu artikel yang mengulas tentang seorang anak muda yang peduli dengan lingkungan yang kemudian berkarya nyata untuk itu. Wah… bener-bener hebat menurut kami. Kami juga sedikit banyak berusaha untuk peduli terhadap lingkungan. Yang kami lakukan memang baru sebatas pada diri kami saja. Antara lain kami berupaya untuk mengurangi penggunaan kantong plastic bila mana berbelanja di supermarket ataupun di warung terdekat. Berupaya untuk membuang sampah pada tempatnya. Ya, baru sebatas itu saja.



Artikel dengan judul Ario Kiswinar, Si penyulap Kertas Bekas begitu yang terpampang di detik news menu Tokoh. Pemuda kelahiran tahun 1986 ini mampu berkarya nyata menyulap kertas bekas menjadi barang yang tidak saja bermanfaat namun unik dan cantik. Karya yang ia hasilkan dari mengolah kertas bekas itu antara lain;, Bingkai kacamata lucu, gantungan kunci imut, gelang unik, dan hiasan meja menarik.


Sebagai bukti akan kecintaannya pada lingkungan khususnya penggunaan kertas, ia juga memprakarsai sebuah kemunitas pada tanggal 11 September 2008. Komunitas Pencinta Kertas (KPK) itulah nama komunitas yang berkecimpung dalam hal pengolahan kertas bekas. Ia memilih kertas dengan alasan bahwa kertas ini banyak sekali digunakan baik oleh masyarakat tingkat bawah, menengah ataupun kelas atas.



Bila mau bergabung, bisa follow twitternya di @pecintakertas.


Komunitas ini juga menggelar workshop di sejumlah kampus dan sekolah guna menularkan kreativitas yang berbalut kepedulian akan lingkungan. Ia mengingatkan mulai sekarang untuk lebih menghargai kertas. Ingat, kita bertanggung jawab atas setiap batang pohon yang ditebang untuk setiap lembar kertas yang kita gunakan.


Semoga makin banyak pemuda-pemudi yang peduli dengan lingkungan serta bertindak nyata untuk itu.


Terima kasih untuk hari ini…..

Image: Google Search & Detik News

Flag Counter