Rabu, 02 Desember 2020

Tips merebus telor supaya ngga pecah

Telor rebus (gambar dari google)

Suatu hari saya mau membuat semur telor dan pastinya telor-telornya harus direbus lebih dahulu. Itu pertama kalinya saya membuat semur telor. Maka, saya rebuslah beberapa butir telor sesuai yang saya butuhkan.

Jrenggggg.... ternyata hasilnya telor-telor tersebut banyak yang pecah ketika direbus. Wal hasil kali itu saya anggap gagal saya dalam merebus telor. Maklum baru pertama kali. Meskipun semur telornya berhasil (dalam arti saya berhasil membuat semurnya) namun bentuk telornya tidak bulat lagi, akan tetapi banyak yang gompal karena pecah ketika direbus.

Walah walah....

Tapi itu adalah pengalaman yang berharga buat saya dan terkesan. Selanjutnya bagaimana supaya telor tidak pecah ketika direbus. Maka, saya cari jawabannya melalui mbah Google.

Dan ternyata tips merebus telor supaya ngga pecah adalah pada suhu telor ketika direbus. Jadi, suhu telor  harus dalam suhu ruang. Artinya bila telornya kita disimpan dalam kulkas, lemari pendingin, maka sebelum direbus haruslah didiamkan lebih dulu sampai suhu telor itu sudah suhu ruang alias tidak dingin lagi.

Ada yang merendam telor-telornya sebelum direbus, tapi saya biasanya biarkan saja sampai telor-telor itu dingin sendiri.

Setelah telor-telornya dalam suhu ruang, barulah masukkan ke dalam panci yang berisi air hingga telor-telornya terendam. Rebus telor hingga matang yakni air sudah mulai menyusut.

Setelah itu buang air rebusan dan rendam dengan air biasa.

Tips itu berhasil saya jalankan. Beberapa kali membuat semur telor, bentuk telornya sekarang bulat dan tidak pecah ketika direbus. Hore.....

Wis, sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Tetap semangat dan jaga kesehatan.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter