Minggu, 06 Desember 2020

Belajar membuat bolu chocolatos


Potongan bolu chocolatos
Pernah terbersit dalam hati bilamana pisang bisa dijadikan bolu, entah dipanggang atau dikukus, berarti bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti tape, buah lain. Terus terbersit juga bagaimana kalau pisangnya diganti dengan chocolatos aja.

Berhubung suami saya ga terlalu suka bolu pisang, maka saya carilah itu resep bolu chocolatos dan berhasil. Atau banyak banget resepnya di online entah di youtube atao di website resep makanan seperti cook pad itu.

Saya liat yang di youtube dan ternyata ga terlalu ribet caranya. Terus bisa dipanggang ataupun dikukus. Itu dia yang bikin saya pengen nyoba.

Jadilah hari ini saya eksekusi nih.

Bahan-bahan yang digunakan;

  • Chocolatos coklat 2 bungkus
  • Telor 2 butir
  • Air panas 6 sdm
  • Minyak goreng 6 sdm
  • Terigu 7 sdm
  • Garam sedikit saja
  • Vanili sedikit juga
  • Baking soda ¼ sdt
  • Baking powder ¼ sdt
  • Gula putih sesuai selera (saya pakai 2 sdm karena chocolatornya sdh manis)

Cara membuatnya:

  • Larutkan lebih dahulu chocolatos dengan 6 sdm air panas, sisihkan
  • Kocok telur dengan gula putih hingga tercampur
  • Lalu masukkan garam, baking soda dan baking powder serta vanili
  • Tambahkan minyak goreng aduk hingga tercampur rata
  • Lalu masukkan terigu yang sudah diayak
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Terakhir masukkan chocolatosnya
  • Aduk lagi hingga tercampur rata
  • Masukkan ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak goreng atapun margarin
  • Kukus selama 25 menit

Well, saya seneng sekali karena percobaan ini berhasil dan rasa bolunya juga enak banget malah.

Terigunya diayak supaya ga bergerindil ketika sudah matan adonannya yah begitu juga baking soda, baking powder dan vanilinya juga diayak dulu.

Bolu chocolatos 


 Teksturnya lembut dan empuk. Enak deh.

Bagian bawah bolu

Wis, sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat...

Tetap semangat dan jaga kesehatan.

Terima kasih untuk hari ini...


Flag Counter