Selasa, 15 September 2020

Membuat Nasi Uduk Menggunakan Langseng (kukusan)

Nasi uduk siap disantap
Setelah mengikuti acara program online via zoom meeting “Meditasi Pemberdayaan Diri (NSE) untukPenyintas Kanker dan Perawatan Paliatif”, saya pun bergegas untuk mengerjakan kegiatan rumah tangga sehari-hari, yakni memasak.

Dan, saya memutuskan untuk memasak  nasi uduk. Oya, saya pernah sharing mengenai membuat nasi uduk menggunakan magic com yah, kini saya memasak nasi uduknya menggunakan langseng atau kukusan. Jadi, saya share lagi di sini karena caranya yang agak sedikit berbeda.

Kalau menggunakan magic com, kita hanya memasukkan beras berikut bumbu-bumbu dan santan ke dalam magic com, lalu tunggu matang. Namun untuk membuat nasi uduk menggunakan langseng, ada dua tahap.

Yakni pertama beras dijadikan aron lebih dahulu lalu ditanak atau dimasukkan ke dalam kukusan atau langseng.

Adapun bumbu-bumbunya sama seperti nasi uduk menggunakan magic com yah, ga ada yang berbeda.

Cara membuatnya:

  • Pertama-tama kita buat aron dulu dengan cara masukkan beras ke dalam panci lalu tambahkan air hingga lebih satu ruas jari, masukkan juga bumbu-bumbu dan santan
  • Aduk-aduk selama dimasak supaya bagian bawahnya tidak gosong
  • Ketika airnya sudah menyusut, matikan kompor
  • Lalu pindahkan beras yang sudah menjadi aron tersebut ke dalam langseng atau kukusan
  • Masak hingga matang, kurang lebih 30 menit
  • Setelah matang, buang bumbu-bumbu yang tadi dipakai (daun salam, jahe, sereh, cengkeh)
  • Nasi uduk siap dihidangkan

 

Nasi uduk sedang dimasak di dalam langseng


Sudah dua kali saya membuat nasi uduk menggunakan langseng dan rasanya sih sama saja dengan yang menggunakan magic com hanya saja kalau pakai langseng, bisa lebih tanak alias matang.

Wis, sekian sharing  kali ini. Semoga bermanfaat.

Tetap semangat dan jaga kesehatan.

Terima kasih untuk hari ini


Flag Counter