Senin, 03 Agustus 2020

Belajar membuat nasi uduk menggunakan magic com

Siapa yang tak kenal dengan nasi uduk? Pastinya semua sudah tahu dan sudah pernah mencicipi makanan khas yang banyak kita temukan kala pagi hari untuk sarapan.

Dulu ketika masih bertempat tinggal di daerah Cirendeu, saya ingat pernah mencicipi nasi uduk di 5 pedagang nasi uduk yang berbeda. Tiga dari lima pedagang tersebut letaknya tak terlalu jauh dari tempat tinggal saya.

Dan masing-masing pedagang memiliki ciri khasnya tersendiri meskipun secara umum nasi uduk dibuat menggunakan santan kelapa dan rempah-rempah. Ada yang santannya terasa sekali ada yang ringan saja, ada yang rempahnya terasa, ada yang ringa saja. Dan menu tambahan untuk nasi uduk di masing-masing pedagang, ada perbedaan dan ada juga persamaannya.

Nah, sejak saya tinggal di daerah Rempoa ini, saya mendapati 6 pedagang nasi uduk. Saya pernah mencicipi nasi uduk di enam pedagang tersebut. Saya memang suka dengan nasi uduk. Dan di antara ke enam pedagang tersebut, ada satu yang menjadi favorit saya lantaran rasa dari nasi uduk, semur dan sambalnya yang pas. Meskipun agak jauh dari tempat tinggal saya, namun terkadang saya tetap membeli di sana.

Nasi uduk buatan sendiri

Dan karena pandemi, saya mencoba untuk membuat sendiri nasi uduk dengan menggunakan magic com. Sudah lama sebenarnya saya bertanya pada ibu saya mengenai caranya, tapi... lantaran masih bisa membeli di luar, jadi saya urungkan untuk membuat sendiri.

Kini, tak ada alasan lagi untuk tidak membuatnya sendiri. Kalau untuk resep dan caranya, ibu saya udah menjelaskannya dengan gamblang akan tetapi saya masih penasaran juga. Akhirnya saya coba cari di Youtube.

Dan muncullah banyak sekali resep membuat nasi uduk dengan menggunakan magic com. Saya ambil persamaannya saja di antara sekian banyak resep yang digunakan di beberapa channel. Akan tetapi, akhirnya saya menggunakan cara yang diberikan oleh ibu saya, he  he he. Jadi, yang saya lihat di youtube itu, adalah untuk referensi.

Ini dia resepnya

Bahan-bahan

  • Beras
  • Air
  • Garam
  • Penyedap rasa atau kaldu jamur
  • Santan

Bumbu-bumbu

  • Daun sereh
  • Daun salam
  • Jahe
  • Cengkeh 

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih beras
  • Masukkan ke dalam wadah magic comnya
  • Lalu masukkan santan, karena saya menggunakan santan instan, maka saya tambahkan air hingga sesuai dengan takaran berasnya (kurang lebih satu ruas jari di atas beras)
  • Tambahkan garam dan penyedap rasa atau kaldu jamurnya, aduk hingga rata
  • Cicipi rasanya, bila sudah pas
  • Masukkan sereh yang sudah digeprek dan daun salam, cengkeh serta irisan jahe
  • Aduk-aduk
  • Siap dimasak
  • Bila sudah matang, aduk-aduk nasinya sambil dibuang bumbu-bumbunya
  • Setelah itu tutup kembali, diamkan beberapa menit hingga benar-benar masak


Hmmm... ketika dimasak pakai magic com tercium aroma khas nasi uduknya. Enaknya... dan pas saya buka tutup magic comnya, enak banget aromanya. Saya jadi ingat nasi uduk buatan ibu saya.

Nasi uduk ini enak sekali dinikmati dengan bawang goreng dan semur tahu atau tempe. Tapi, karena saya tidak bikin semur, maka nasi uduk ini saya nikmati dengan tempe goreng dan timun saja. Tetap enak kok...

Sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini...

Flag Counter