Sabtu, 05 September 2020

Program Online via Zoom Meeting “Meditasi Pemberdayaan Diri (NSE) untuk Penyintas Kanker dan Perawatan Paliatif"

Pagi tadi, pukul 9 – 10.30 saya mengikuti program online tersebut. Programnya memang diadakan tiap hari Sabtu. Program ini diselenggarakan oleh Yayasan Anand Ashram yang didirikan oleh Bapak Anand Krishna. Program ini diberikan secara gratis, namun peserta harus mendaftar lebih dahulu.

Dan hari ini adalah pertemuan yang ke empat sejak tanggal 15 Agustus lalu diadakan.

Oya, hari ini pesertanya cukup banyak dibandingkan dengan pertemuan-pertemuan yang lalu.

Latihan yang diberikan

Adapun latihan yang diberikan adalah latihan meditasi guna me-manage emosi – emotion culturing – membudayakan emosi. Ini merupakan latihan yang luar biasa manfaatnya bila dilakukan dengan sepenuh hati dan rutin.

Latihan ini merupakan salah satu latihan yang diracik oleh Bapak Anand Krishna dan sudah banyak yang mengikuti atau melakukan latihan ini dan merasakan manfaat yang luar biasa.

Latihan tersebut merupakan salah satu latihan yang diberikan dalam program NSE dan bisa ditemukan juga dalam buku "Ananda’s Neo Self Empowerment – Seni Memberdaya Diri bagi Orang Modern" karya Bapak Anand Krishna 

Ananda’s Neo Self Empowerment – Seni Memberdaya Diri bagi Orang Modern

Sharing para peserta

Setelah berlatih kurang lebih setengah jam, para peserta diperkenankan untuk sharing pengalaman melakukan latihan yang baru saja dilakukan atau pengalaman terkait latihan.

Pada sesi latihan di minggu lalu, salah seorang peserta sharing bahwa sebelum melakukan latihan, kepala beliau pusing, namun setelah latihan, rasa pusingnya hilang.

Pada minggu lalu pula, seorang peserta mengatakan bahwa minggu tersebut ia merasa lelah, namun setelah mengikuti latihan, ia merasa segar kembali seperti pulang berlibur.

Hari ini para peserta pun demikian, merasa lebih segar dan lebih baik setelah latihan.

Salah satu sharing dari seorang peserta mengatakan bahwa meditasi bisa membantu kita dalam menerima kenyataan hidup dan kita menjadi lebih bisa bersyukur. Meskipun dalam kondisi sakit, kita juga bisa bahagia.

 Memang latihan meditasi memberikan dampak yang luar biasa, bukan saja bagi yang sedang sakit, namun juga bagi kita-kita yang sehat, sehingga bisa tetap sehat dan semakin bersemangat untuk berkarya.

Demikian untuk kali ini. Semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk hari ini... 

Flag Counter