Sabtu, 04 Mei 2019

Resep Balado Terong Sederhana Nan Enak

Tampilan Balado Terong
Kali ini saya ingin berbagi mengenai sebuah resep masakan yang sederhana namun enak lho. Sebenarnya dan sejujurnya sebelum menikah, saya tidak suka dengan masakan ini karena tekstur dari masakan terutama bahan dasarnya yang lembek dan saya ga bisa ngebayangin apa rasa dari masakan itu (waktu dulu).

Tapi, ketika sudah menikah maka masakan ini kerap menjadi salah satu menu yang mau tidak mau saya buat dan tentu saja saya harus makan juga dong. Masa' cuma suami saya aja yang makan sendiri he he he...

Jadilah, akhirnya saya doyan dengan menu yang satu ini karena kan saya yang memasaknya :-)

Sip. Langsung saja yah.

Masakan kali ini adalah balado terong sederhana tapi enak dengan bahan dasar tentu saja terong. Nah, terong yang digunakan adalah terong yang berwarna ungu, ini terong yang biasa digunakan untuk menu balado ya. Bukan yang berwarna hijau, seperti teman-teman ketahui bahwa ada terong yang ungu dan terong yang hijau juga dengan bentuk panjang yang biasa digunakan untuk masakan dan ada juga terong hijau bulat-bulat, tapi terong hijau bulat ini biasanya untuk dilalap.

Bahan-bahan yang digunakan:

Terong Ungu
Minyak goreng
Garam
Penyedap rasa atau kaldu jamur


Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

Cabe merah keriting
Cabe rawit merah
Bawang Merah
Bawang Putih
Tomat

Cara Memasaknya:

  1. Pertama-tama cuci bersih terong lalu potong-potong
  2. Selanjutnya goreng terong yang sudah dipotong-potong tadi sebentar saja, tiriskan
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum aromanya, masukkan garam dan penyedap rasa. Aduk-aduk bumbu lalu masukkan terong yang sudah digoreng tadi.
  4. Aduk-aduk hingga tercampur rata, tambahkan garam dan penyedap rasa
  5. Matikan kompor bila rasanya sudah pas.
  6. Terong balado pun siap disajikan.


Untuk bumbu-bumbu disesuaikan dengan keperluan saja ya. Bila terong yang digunakan banyak, maka bumbu-bumbunya pun mengikuti supaya rasanya enak.

Bila tidak suka terlalu pedas, gunakan cabe rawit merah sedikit saja, namun lebih banyak menggunakan cabe merah yang keriting.

Ini sudah yang kesekian kali saya memasak terong balado ini dan rasanya makin lama makin enak, he he he... (kok memuji diri sendiri yah.... memalukan...... 😃 )

Silakan mencobanya ya....

Terima kasih untuk hari ini....



Flag Counter