Jumat, 20 September 2013

Flue dan batuk yang mengganggu

Gambar dari health.okezone.com
Flue dan batuk kini sedang kami derita sejak Selasa kemarin. Gejala awal beberapa hari sebelumnya tenggorokan terasa kurang enak lalu mata terasa agak panas, kepala sedikit pusing. Ada rasa bahwa kami akan menderita batuk. Dan…

Akhirnya memang benar, kami flue dan batuk.  Ya, memang baru lima hari namun rasanya udah lamaa banget. Ga enak rasanya sakit meskipun hanya batuk. Lha wong meski badan tetap ok tapi kalau kemana-mana menggonggong (batuk J ) ya ga enak juga. Ga enak pada diri sendiri dan juga pada orang di sekitar kita. Aduh…. Emang batuk tuh bikin ga enak.

Sudah 1 botol obat batuk kami habiskan, namun mungkin belum saatnya sembuh. Jadi, kami masih batuk plus flue yang sudah agak menyingkir. Kini kami sedang mencoba minum obat batuk merk yang lain. Rekomendasi dari seorang teman yang sudah pernah mengkonsumsinya beberapa waktu yang lalu. Memang harganya agak mahal untuk kantong kami. Tapi….. supaya cepat bebas dari batuk dan flue, ya… sudah kami beli saja.

Oya, kalau dipikir-pikir dari sekian lama kita hidup, biasanya kita hanya menderita sakit beberapa kali saja namun rasanya tuh terasa lama sekali. Jadi, kita malah tidak berpikir bahwasanya lamanya kita sakit tak sebanding dengan sehatnya kita.

Ya, setahun yang lalu kami batuk 1 kali dan di tahun ini nampaknya kami pun mesti menderita penyakit yang sama L tapi semestinya kami tidak boleh sakit bila saja kami menjaga kesehatan lebih baik lagi.

Penyakit itu mungkin semacam intermezzo agar kita lebih bersyukur ketika kita sehat. Dan juga tetap menjaga pola makan agar tetap sehat, kalau pun sakit kita bisa cepat pulih dan bisa beraktifitas seperti biasa kembali.

Sejak terkena batuk, kami pun menggunakan masker mulut tatkala berada di kendaraan umum dan tempat bekerja untuk menghindari agar orang di sekitar tidak ikut tertular. Mengenai batuk, berikut ada artikel menarik yang dimuat di health okezone dot com. Simak yah...
 "Ada etika batuk yang baik. Etika batuk itu kalau misalnya batuk ditutupi oleh tangan, itu harus langsung dicuci. Atau tutup dengan kain, misalnya sapu tangan, jadi bakteri-bakterinya tidak menyebar ke udara, tapi diam di kain," ujar dr Nina Irawati, SpTHT, pada simposium FKUI bertajuk "Improving Medical Care Quality Through Updating Knowledge and Skills" di Room Puri Agung, Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (18/3/2012).
 Dokter Nina mengingatkan, pemakaian masker harian tidak boleh digunakan berhari-hari. Agar efektif menghindarkan diri dari gejala penyakit, pemakaian masker sekali pakai harus digunakan satu kali setelah dipakai seharian. Terlebih jika sedang batuk atau flu, harus lebih sering diganti.
 Sebagai preventif agar tidak terkena akumulasi bakteri dalam masker, bila batuk usahakan tidak di dalam masker. "Itu bakterinya nempel di masker, terhirup, justru akan membuat alergi. Ya, jadi kalau batuk saat menggunakan masker, lebih baik dibuka dulu maskernya, lalu ditutup dengan tangan, tetapi harus langsung bersihkan tangannya, cuci tangan, agar bakterinya hilang dan tak menular dari tangan atau tutup dengan kain," paparnya.

Sip, tetap minum air putih yang banyak, makan sayur-sayuran dan buah-buahan serta vitamin yah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Betapa berharganya kesehatan itu….. so, keep fit and healthy! 

Terima kasih untuk hari ini...
Flag Counter