Rabu, 02 Mei 2012

Tentang Toilet di Sebuah Hotel


Pagi itu, sepagi itu kami sudah berada di sebuah hotel yang tergolong mewah di bilangan Jakarta Pusat, terima kasih Tuhan, kami berucap dalam hati. Tidak pernah terbersit akan bisa mampir ke sebuah bangunan yang mewah seperti itu.

Kali itu mungkin keberuntungan bagi kami yang agak ndeso ini bisa mencicipi rasanya berada di sebuah tempat yang nyaman. Oh… masih sepi, belum ada terlihat orang-orang yang dikenal sebagai panitia berada di sana. Ya, karena masih terlalu pagi, sedangkan acara baru akan dimulai dengan registrasi pukul 7.30 dan saat ini masih menunjukkan pukul 6.15.

Kami pun bergegas untuk mengisi perut yang memang belum diisi. Tak sempat sarapan dulu di rumah karena memang mesti berangkat pagi-pagi buta demi menghemat transport J

Balik ke hotel setelah sarapan pagi, kami menuju pembuangan akhir alias toilet guna membersihkan diri dan merapikan penampilan J

Masih bersih kondisi toiletnya, maklum kan di hotel. Ya pastilah bersih dan terawat. Kami pun berterima kasih kembali padaNya.

Eit… tunggu dulu

Kurang lebih pada jam makan siang, kondisinya pun mulai berubah. Mulai terlihat tisu tidak dibuang pada tempat sampah yang disediakan di tiap pojok toilet.  Ada pula yang meninggalkan toilet dalam keadaan kurang bersih setelah menggunakannya.

Kurang lebih pukul 6 sore, ada seorang peserta acara yang complain mengenai kebersihan toilet hotel tersebut. Lantaran ia mendapatinya sendiri dan tidak bisa menggunakannya. “bagaimana sih ini, kok hotel sebesar ini wc nya kotor ga terawatt, sungguh memalukan,” omelnya pada salah seorang berseragam yang menurut ia adalah petugas di hotel tersebut.

Ah, andai saja ia tahu bahwa ketidak bersihan toilet atau wc hotel tersebut bukan karena tidak ada petugas kebersihannya, melainkan para pengguna wc atau toilet tersebut yang tidak menjaganya. Jikalau setiap orang yang menggunakannya memperlakukan wc atau toilet itu dengan baik, maka pastilah wc tersebut akan oke oke saja. Seperti yang pagi itu kami lihat kondisinya. Bersih

Sudah jelas yang masuk ke dalam hotel mewah tersebut pastilah mereka-mereka yang berpendidikan tapi kok masih seperti itu keadaannya?

Memang nampaknya kesadaran untuk menjaga kebersihan belum membudaya di masyarakat kita.

Terima kasih untuk hari ini….


Image: Google Search
Flag Counter