Jumat, 05 November 2010

Survey membuktikan…… ( it's fun )


Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif.

Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan. Survei lazim dilakukan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif.

Dalam penelitian kuantitatif, survei lebih merupakan pertanyaan tertutup, sementara dalam penelitian kualitatif berupa wawancara mendalam dengan pertanyaan terbuka.
Itulah definisi tentang survey yang bisa kita dapatkan di http://id.wikipedia.org


Kata-kata survey awalnya sering saya dengar dan ketahui manakala saya bergabung dengan suatu komunitas kecil yang minimal 1 tahun sekali mengadakan tour ataupun camping. Nah, di situlah saat saya ikut terlibat bantu-bantu dalam kepanitiaan ada panitia yang khusus untuk melakukan survey ke lokasi yang akan kami tuju. Biasanya mereka terdiri dari 2 sampai 3 orang dan mereka melakukan survey minimal 1 minggu sebelum tanggal keberangkatan ke tempat yang kami rencanakan tersebut. jadi merekalah para tim survey yang akan menentukan titik lokasi yang pas untuk mengadakan acara.

Survei juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan atau lembaga tertentu manakala mereka ingin memberikan service mereka pada orang-orang tertentu. Misalkan untuk memperoleh layanan kesehatan gratis dari sebuah lembaga tertentu, maka sesudah orang yang mengajukan permohonan mengisi dan melengkapi persyaratan yang ditentukan kemudian pihak yang bertugas dari lembaga tersebut akan melakukan survey yang antara lain datang ke tempat tinggal si pemohon. Dan bila hasil dari survey tersebut sesuai dengan persyaratan yang diberlakukan, maka lembaga tersebut pun akan menerima permohonan dari yang bersangkutan, singkatnya si pemohon akan menerima bantuan sesuai dengan yang akan diberikan oleh lembaga itu.

Survey juga tidak hanya dilakukan oleh lembaga atau perusahaan, orang perorangan pun dapat melakukannya. Saya ambil contoh dari kejadian yang belum lama ini terjadi. Ya, beberapa minggu terakhir pada bulan kemarin, diadakan tes bagi calon pegawai negeri sipil di Stadion Sanggraha Pelita Jaya, Lebak bulus – Jakarta Selatan. Wah, banyak sekali yang mencoba peruntungan nasib mereka dalam tes tersebut. Minggu pertama para peserta tampak datang dari generasi muda, mungkin masih merupakan fresh graduate. Banyak yang diantar oleh orang tua mereka. Namun ada juga yang datang sendiri. Banyak yang datang dari luar kota, dan banyak pula yang melakukan survey ke lokasi sehari sebelum hari H.

2 hari yang lalu saya juga melakukan hal yang sama, di mana saya pergi ke lokasi yang perlu saya datangi ke esokan harinya. Walau sudah cari-cari informasi mengenai lokasi dan angkutan umum yang menuju ke sana via mbah Google, namun akhirnya saya putuskan untuk langsung menuju ke tempat itu sore hari sepulang dari tempat bekerja. Dengan berbekal keyakinan akan perlindungan dan bantuanNya, saya ke sana. Hujan rintik-rintik yang turun kala itu tak menjadi soal yang penting saya ingin tahu tempat itu supaya esok harinya saya tidak perlu tanya sana-sini. Akhirnya saya sampai juga di sana tak lebih dari 1 jam perjalanan. Lega sudah…. Dalam hati saya baru ngeh “wah… ini juga yang dinamakan survey”

Ternyata fun juga sore-sore pergi ke tempat yang belum kita ketahui dan mendapati bahwa kita berhasil menemukan tempat yang kita cari walau dengan bantuan orang lain juga




Gambar: dari Google
Flag Counter